CTRA kantongi marketing sales Rp 5,3 triliun



JAKARTA. Sepanjang sembilan bulan pertama, PT Ciputra Development Tbk (CTRA) telah mengantongi marketing sales sebesar Rp 5,3 triliun. Namun, perolehan tersebut baru 55,9% dari target yang dipatok perseroan tahun ini yakni sebesar Rp 9,48 triliun.

Meskipun tahun ini sudah tinggal tiga bulan, manajemen CTRA belum berencana mengkaji target tersebut. Perseroan masih berharap di sisa tahun ini target tersebut dapat dicapai lewat penjualan proyek eksisting dan peluncuran proyek baru. " Target kami masih tetap. Kami masih lihat perkembangan pasar," kata Tulus, Direktur dan sekretaris Perusahaan CTRA di Jakarta, Selasa (6/10).

Sebagian besar perolehan marketing sales selama sembilan bulan pertama berasal dari proyek landed house atau sekitar 70%. Sementara penjualan higrise hanya sekitar 30% yang didapat dari penjualan office tower Surabaya sebesar Rp 600 miliar, Ascot Residential senilai Rp 800 miliar dan lain-lain.


Tahun ini, CTRA berencana merencana meluncurkan sepuluh proyek baru. Ini turun dari rencana semula yang ingin merilis 12 proyek baru. Pasalnya, anak usahanya yakni PT ciputra Surya TBk (CTRS) telah resmi menunda peluncuran proyek perumahan Citagrand City Kendari dan Citragrand City Lampung akibat perlambatan ekonomi dan penurunan harga komoditas.

Tulus mengungkapkan, hingga saat ini perseroan telah meluncurkan lima proyek yakni office Tower dan SOHO Surabaya, Ascot Service Residence, Nivata Bali, Citragarden City Malang dan perumahan Citragarden City Samarinda.

Meskipun sudah tinggal tiga bulan, CTRA tetap belum berencana menunda peluncuran lima proyek lainnya. Perseroan masih menunggu perkembangan pasar dalam beberapa bulan ini untuk menetapkan waktu yang tepat. "Kami masih lihat market. Tidak masalah kalau lima proyek tersebut diluncurkan berbarengan karena lokasinya berbeda-beda," kata Tulus.

Pencapaian pra penjualan sampai Kuartal III tersebut belum termasuk dari proyek perumahan Malang dan Samarinda. Sebab menurut Tulus, kedua proyek tersebut baru diluncurkan di awal Oktober.

Separuh dari Rp 4,1 triliun marketing sales yang harus dikerjar dikuartal IV dibidik dari proyek eksisting atau sekitar Rp 2 triliun. Hanya Rp 2,1 triliun yang akan dibidik dari proyek baru.

Proyek terdekat yang akan segera diluncurkan dalah perumahan Sunset Cove Residence sebanyak 139 unit. Ini merupakan pengembangan tahap I dari proyek reklamasi pantai Losari. Satu unit rumah akan dibanderol dengan harga mulai Rp 3,5 miliar. Sementara proyek lain akan diluncurkan antara lain Citraland Cileungsi, proyek mix use di Fatmawati, dan Citraplaza Kemayoran.

Namun jika pasar tidak mendukung untuk peluncuran proyek baru, CTRA akan kembali melakukan pemangkasan target pra penjualan sebesar Rp 200 miliar dikalikan dengan jumlah proyek yang ditunda. Pasalnya, sejak semula perseroan membidik marketing sales Rp 200 miliar dari tiap proyek baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie