Cuaca buruk bisa dorong inflasi Januari



JAKARTA. Cuaca buruk yang terjadi beberapa hari terakhir di Indonesia, bahkan di hampir beberapa belahan dunia diperkirakan akan mempengaruhi tingkat inflasi di bulan Januari. Menurut Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa, cuaca buruk bisa mengganggu distribusi pangan masyarakat.

Menurut Hatta, gangguan sudah mulai terjadi saat ini, dimana para pedagang mengalami hambatan dalam mendistribusikan barang dan jasa. “Sudah ada beberapa harga yang mengalami kenaikan,” ujar Hatta, Senin (13/1) di Jakarta.

Untuk menghindari lonjakan harga yang tidak terkendali, Hatta mengaku sudah melakukan koordinasi dengan tim pengendali harga bahan pokok, terutama beras. Menurutnya, jangan sampai masyarakat mengalami dampak kenaikan harga lantaran pasokan langka.


Salah satu cara mempelancar distribusi dengan melakukan penataan jalan dan aliran air supaya tidak menghambat jalur transportasi yang digunakan menyalurkan logistik. Hatta yakin, kondisi cuaca buruk akan kembali membaik dalam beberapa waktu kedepan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia