Cucu Usaha Pertamina, Polytama Garap Proyek Polypropylene Senilai US$ 500 juta



KONTAN.CO.ID - INDRAMAYU - PT Polytama Propindo (Polytama), cucu usaha Pertamina (Persero) menargetkan proyek Polypropylene Plant Balongan (PPB) yang dikembangkannya bisa selesai tahun 2027. Proyek ini bertujuan untuk menambah kapasitas produksi resin polypropylene (PP) dalam negeri sebesar 300 kilo ton per tahun. 

Pada April 2023, Polytama yang sahamnya dimiliki oleh anak usaha Pertamina, PT Tuban Petrochemical Industrie ini telah melakukan pre-bid meeting untuk mengundang calon kontraktor Engineering, Procurement, and Construction (EPC). pada April 2023.

Dwinanto Kurniawan, Commercial and Support Director Polytama, menjelaskan bahwa total investasi proyek diperkirakan mencapai US$ 500 juta. Sejauh ini sekitar US$ 160 juta telah disuntikkan oleh Pertamina dan sisa pendanaan akan dicari dari sumber luar.


"Nah, melakukan investasi seperti kita ini nggak mudah, karena memang investasinya tinggi, sementara return-nya itu masih agak panjang,” ujarnya saat ditemui di kantor Polytama Propindo, Selasa (24/9).

Walaupun tergolong proyek dengan investasi tinggi dan waktu pengembaliannya cukup panjang, tetapi ia memastikan semua prosesnya berjalan lancar. Ditambah, manajemen mendapat dukungan dari induknya Pertamina.

Dwinanto berharap proyek PPB ini dapat memenuhi kebutuhan pasar domestik yang saat ini masih bergantung pada impor yang mencapai 60% polypropylene. Dengan perluasan kapasitas produksi, Polytama bertujuan untuk mendukung kemandirian nasional di sektor petrokimia. 

Selain itu, pembangunan fasilitas ini juga menjadi langkah konkret dalam penyerapan tenaga kerja lokal dan pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indramayu.

Sebagai bagian dari tahapan proyek, Polytama telah melaksanakan groundbreaking fasilitas jetty dan storage tank, yang merupakan milestone penting untuk mendukung kebutuhan produksi baik dari pabrik yang sudah ada maupun yang sedang dibangun. 

Dengan komitmen ini, Polytama bertekad untuk berkontribusi terhadap kemajuan industri petrokimia Indonesia dan meningkatkan kapasitas produksi dalam negeri.

Selanjutnya: Anatomi tubuh manusia: Tulang pembentuk rangka manusia dan fungsinya

Menarik Dibaca: Gofood Gandeng Maliq & D’Essentials, Kenali Rasa Makanan Lewat Genre Musik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Putri Werdiningsih