Daftar 10 Negara Termuda di Dunia: Ada Timor Leste, Hingga Sudan Selatan



KONTAN.CO.ID - Berikut adalah daftar 10 negara termuda di dunia. Nama teratas bahkan baru merdeka pada tahun 2011 lalu.

Konflik berkepanjangan yang disebabkan oleh faktor politik, budaya, hingga agama seringkali membuat negara terpecah ke dalam beberapa wilayah dengan karakteristik masyarakat berbeda.

Tidak sedikit negara yang mampu hidup dengan perbedaan itu. Tidak sedikit pula yang merasa lelah dan memutuskan untuk berpisah.


Negara-negara dalam daftar ini umumnya berpisah karena perbedaan pandangan politik. Banyak dari mereka berpisah secara damai melalui kesepakatan dan referendum.

Simak daftar negara termuda di dunia berikut ini:

Baca Juga: Daftar 10 Negara Tertua di Dunia: Ada Jepang, Mesir, Hingga India

10. Bosnia and Herzegovina

Bosnia and Herzegovina merdeka pada 1 Maret 1992 sebagai salah satu pecahan dari Yugoslavia. Negara dengan populasi kurang dari 4 juta jiwa ini dibagi ke dala dua bagian, 51% merupakan wilayah masyarakat Muslim-Kroasia dan 49% menjadi wilayah masyarakat Serbia (Republik Srpska).

9. Slovakia 

Republik Slovakia merdeka pada 1 Januari 1993 setelah pecah dari Cekoslowakia. Meskipun telah berpisah, Slovakian tetap menjalin hubungan dekat dengan Rapublik Ceko. Slovakia juga merupakan anggota NATO sejak tahun 2004.

8. Ceko

Negara termuda di dunia berikutnya tentu saja Republik Ceko yang juga menandai kemerdekaannya pada 1 Januari 1993. Ceko juga sudah menjadi anggota NATO sejak 1999 dan dianggap sebagai salah satu negara paling aman dan damai.

Baca Juga: Ini Dia 10 Negara Terbesar di Dunia: Ada Rusia sampai Aljazair

7. Eritrea

Eritrea, negara di Afrika ini baru merdeka pada 24 Mei 1993. Meskipun begitu, Eritrea secara de facto dianggap telah merdeka sejak 24 Mei 1991. Sejak kemerdekaannya, hubungan luar negeri Eritrea didominasi oleh konflik dan konfrontasi, baik di kancah regional maupun internasional.

6. Kroasia

Republik Kroasia adalah negara Balkan lainnya yang juga merupakan pecahan dari Republik Sosialis Federal Yugoslavia. Negara ini melepaskan diri dan memperoleh kemerdekaan pada 25 Juni 1991.

5. Palau

Republik Palau adalah negara termudah berikutnya yang baru merdeka pada 1 Oktober 1994. Negara tetangga Indonesia ini pernah dikuasai oleh Spanyol hingg Amerika Serikat.

4. Timor Leste

Timor Leste memperoleh kemerdekaannya pada 20 Mei 2002 setelah melewati proses panjang pelepasan wilayah dari Indonesia sejak referendum tahun 1999. Administrasinya sempat diambil alih oleh PBB melalui Pemerintahan Transisi Perserikatan Bangsa-Bangsa di Timor-Leste (UNTAET).

Baca Juga: 10 Penyebab Sudan Selatan Jadi Negara Termiskin di Dunia

3. Serbia

Republik Serbia mengalami banyak perubahan bentuk dan akhirnya menjadi Serbia yang kita kenal saat ini sejak 8 November 2006. Serbia merupakan pecahan dari Yugoslavia dan sembat bergabung dengan Montenegro dalam suatu persemakmuran.

2. Montenegro

Pada 21 Mei 2006, rakyat Montenegro menyelenggarakan pemilihan dalam bentuk Referendum Kemerdekaan Montenegro. Hasilnya, 55,5% pemilih menginginkan kemerdekaan Montenegro. Negara ini akhirnya berpisah dari Serbia dan merdeka pada 3 Juni 2006.

1. Sudan Selatan

Nama terakhir dalam daftar negara termuda di dunia tentu saja Sudan Selatan. Negara yang terletak di Afrika Timur ini baru merdeka pada 9 Juli 2011. Melalui proses referendum, 98,83% suara memilih Sudan Selatan menjadi negara merdeka dan terpisah dari Sudan.

Selanjutnya: Update Harga Emas Antam Logam Mulia Hari Senin 7 Oktober 2024

Menarik Dibaca: Isoplus Run 2024, Sediakan Rute Lari Steril bagi 6.000 Pelari