Daftar 5 Bandara Terluas di Dunia, Ada yang Tercatat dalam Guinness World Records!



MOMSMONEY.ID - Ada banyak bandara di berbagai penjuru dunia. Namun beberapa bandara berikut ini tercatat sebagai 5 bandara terluas di dunia.

Disebut sebagai bandara terluas di dunia karena bandara ini melayani berbagai jenis penerbangan domestik & internasional dengan jumlah yang sangat banyak, serta fasilitas yang pastinya bikin Anda melongo.

Mau tahu bandara manakah yang memegang rekor sebagai bandara terluas di dunia? Coba kita simak yang berikut ini.


Baca Juga: Selain Durian, Ternyata Ini Loh 6 Makanan Paling Bau di Dunia

Bandara Internasional King Fahd di Arab Saudi

Menurut Guinness World Records, Bandara Internasional King Fahd (DMM) di Dammam, Arab Saudi merupakan bandara terluas di dunia, dengan luas 482,803 km2.

Luasnya ini diperkirakan hampir menyamai luas 5 wilayah di Kota New York yang jika digabungkan berukuran 486,9 km2, dikutip dari World Population Review. Dan yang lebih mengejutkan lagi, luas bandara DMM lebih besar dari seluruh wilayah Bahrain, negara tetangganya!

Dikutip dari Kayak, bandara terluas di dunia ini termasuk di dalamnya termasuk 2 terminal standar (satu untuk penerbangan internasional & satu untuk penerbangan domestik), serta terminal ketiga yakni khusus untuk Keluarga Kerajaan, VIP, dan pejabat pemerintah.

Baca Juga: 6 Street Food Brasil Paling Populer dari Brigadeiro-Coxinha, Bisa Jadi Ide Jualan

Denver International di Amerika Serikat

Bandara Internasional Denver di Colorado menjadi bandara terluas kedua di dunia karena merupakan pusat vital bagi Amerika. Bandara ini memiliki luas 135 km².

Bandara ini punya 6 landasan pacu & memiliki atap unik berbentuk tanda yang merupakan lambang keindahan lambang Pegunungan Rocky.

Termasuk sebagai salah satu jajaran bandara tersibuk di Amerika, Bandara Denver juga di dalamnya memiliki banyak fasilitas seperti restoran, toko, hingga pameran seni yang menampilkan budaya Colorado.

Baca Juga: 6 Minuman Paling Menjijikkan di Dunia, Ada yang Terbuat dari Urin Sapi

Bandara Internasional Dallas Fort Worth di Amerika

Bandara Internasional Dallas/Fort Worth (DFW) juga salah satu bandara terluas di dunia dengan luas  69.6 km2, dikutip dari Best Diplomats.

Bandara ini menghubungkan para wisatawan ke berbagai Lokasi di seluruh dunia serta punya fungsi utama untuk penerbangan domestik & internasional. Itulah mengapa Bandara Internasional Dallas jadi yang tersibuk di dunia.

Baca Juga: 5 Makanan Teraneh dan Paling Menjijikkan di Dunia, Semuanya Bikin Bergidik

Bandara Internasional Kuala Lumpur di Malaysia

Bandara Internasional Kuala Lumpur adalah bandara utama Malaysia sekaligus jadi salah satu bandara terluas di dunia dengan total ukuran 62,76 km2.

Menurut Kayak.com, bandara Malaysia ini unggul dalam hal jumlah penerbangan dibandingkan Bandara Dallas-Fort Worth.

Baca Juga: 6 Spot Diving Terbaik di Dunia, Ada Raja Ampat dan Kepulauan Gili dari Indonesia

Bandara Internasional Orlando di Florida

Telah menjadi salah satu pusat jaringan transportasi udara sejak tahun 1981, Bandara Internasional Orlando di Florida, Amerika Serikat jadi bandara terluas di dunia dengan luas 53,8 km2.

Bandara Orlando memiliki 4 landasan pacu yang dirancang untuk penghubung para pelancong ke berbagai negara yang dituju. Bandara ini juga menawarkan fasilitas kelas satu karena lokasinya yang strategis berada di pusat Florida.

Itulah deretan bandara terluas di dunia yang tercatat memiliki beragam fasilitas terbaik yang ditawarkan bagi para penumpang untuk menunjang pelayanan terbaik selama penerbangan baik domestik maupun internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Raissa Yulianti