Daftar Bunga Beracun yang Harus Dihindari dan Diwaspadai



MOMSMONEY.ID - Tahukah Anda tentang bunga beracun? Ya, terdapat bunga beracun yang harus dihindari dan diwaspadai. 

Jika Anda memiliki anak-anak dan hewan peliharaan, Anda harus menghindari menanam bunga beracun ini. Bunga beracun yang harus dihindari ini pasti pernah ditemui. 

Untuk itu, Anda perlu menambah pengetahuan mengenai daftar bunga beracun yang harus dihindari dan diwaspadai. 


Baca Juga: Investor Optimistis Penurunan Suku Bunga AS, Namun Waspada Terhadap Geopolik

1. Bunga Hortensia

Berhati-hatilah saat menanam Hydrangea, dan jangan menyimpannya di dalam ruangan karena hydrangea mengandung sejumlah kecil sianida dan dapat mematikan jika tertelan dalam jumlah yang sangat banyak.

2. Bunga clematis

Agak ringan tetapi beracun, Clematis termasuk bunga yang paling beracun bagi manusia dan hewan. Saat disentuh atau dikonsumsi, racun yang disebut anemonin (glikosida iritan) akan dilepaskan.

Bunga ini dapat menyebabkan dermatitis pada sebagian orang setelah kontak dan sensasi terbakar ringan serta sariawan di mulut jika tertelan. Bunga ini lebih banyak menyerang hewan peliharaan seperti anjing dan kuda dan juga termasuk bunga beracun bagi kucing.

3. Bunga Calotropis

Calotropis adalah salah satu gulma paling umum yang tumbuh di seluruh Asia Selatan. Getahnya keluar dari bunga dan daun yang mengandung calotropin, yang dapat menyebabkan kebutaan jika terkena mata.

Baca Juga: 5 Daftar Bunga Mematikan yang Bisa Berbahaya bagi Manusia

4. Bunga Oleander

Bunga oleander menawan dan harum, tetapi Anda harus sedikit berhati-hati saat memakannya, karena memakan bunga beracun ini dalam jumlah sedikit saja bisa berbahaya.

Semua bagian Oleander sangat beracun jika tertelan. Bahkan asap yang dihasilkan dari kayunya pun beracun. 

5. Bunga Azalea 

Baik Azalea maupun Rhododendron beracun bagi hewan peliharaan. Daun atau batangnya dapat menyebabkan mual, sakit perut, dan kesulitan bernapas jika dimakan.

6. Bunga Terompet 

Tidak semua spesies Morning Glory beracun, tetapi ada beberapa yang bijinya beracun jika tertelan.

Morning Glory mengandung racun yang disebut alkaloid lisergik, yang menyebabkan tanda-tanda medis seperti diare, kehilangan koordinasi, dan gagal hati jika sejumlah besar biji tertelan.

Baca Juga: Daftar Bunga Potong yang Bisa Ditanam Lagi di Pot dan Cara Menanamnya

7. Bunga Tulip

Bunga tulip memiliki sifat racun di berbagai bagian tanaman, termasuk daun, batang, akar, dan buah beri. Di antara semua itu, umbi bunga tulip mengandung konsentrasi bahan kimia beracun tertinggi.

Menelan umbi tulip atau bagian tanaman lainnya dapat menyebabkan keracunan dan menimbulkan beberapa gejala. Penting untuk berhati-hati dan menghindari mengonsumsi bagian tanaman tulip apa pun.

8. Bunga Marigold Rawa

Daun Marsh Marigold mengandung protoanemonin,  racun berminyak yang terdapat di semua tanaman dari keluarga Ranunculaceae. Racun ini membuat daunnya beracun bagi ternak dan manusia.

Ketika tanaman Marsh Marigold rusak, mereka melepaskan protoanemonin, yang dapat menyebabkan iritasi kulit jika terkena.

Nah, itulah beberapa bunga beracun yang harus dihindari dan diwaspadai. 

Selanjutnya: Belanja Pemerintah Pusat Diproyeksi Meningkat pada Kuartal IV-2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria