Daftar Makanan Penurun Asam Urat Tercepat dan Terampuh yang Layak Dicoba



MOMSMONEY.ID - Apa saja makanan penurun asam urat tercepat dan terampuh? Ini dia daftarnya!

Asam urat merupakan produk sampingan dari pemecahan purin, senyawa yang ditemukan dalam beberapa jenis makanan dan minuman.

Ketika kadar asam urat dalam darah meningkat, tubuh mungkin tidak dapat mengeluarkannya secara efisien, sehingga kristal asam urat terbentuk di persendian dan menyebabkan serangan asam urat.


Untuk mengatasi kondisi ini, ada berbagai cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan mengatur pola makan.

Baca Juga: Ini Dia Penyakit Akibat Malas Gerak yang Harus Anda Waspadai

Di bawah ini adalah beberapa makanan penurun asam urat tercepat dan terampuh yang dapat Anda coba konsumsi:

1. Ceri

Penelitian menemukan bahwa mengonsumsi ceri dan jus ceri asam 100% dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah dan mengurangi risiko kambuhnya serangan asam urat pada penderita.

Melansir dari Alodokter, ceri mengandung antosianin, yang merupakan zat pewarna alami dengan sifat antioksidan dan antiinflamasi, sehingga efektif dalam menurunkan asam urat.

Selain itu, ceri juga mengandung vitamin C dan quercetin yang memperkuat manfaat buah ini dalam menurunkan kadar asam urat.

2. Jeruk

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin C bisa menjadi cara efektif untuk mengurangi frekuensi serangan asam urat.

Vitamin C membantu tubuh mengeluarkan asam urat, dan buah-buahan rendah fruktosa seperti jeruk, jeruk bali, dan nanas adalah sumber vitamin ini.

Namun, bagi beberapa orang, suplemen vitamin C mungkin diperlukan, jadi penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda.

Baca Juga: Penyebab Gula Darah Naik dan Faktor Risikonya, Intip Ulasannya di Sini!

3. Alpukat

Alpukat rendah purin secara alami dan kaya akan lemak tak jenuh tunggal serta vitamin E. Komponen-komponen ini memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang dapat membantu meredakan nyeri serta peradangan. Diet yang tinggi senyawa ini juga dikaitkan dengan penurunan risiko kerusakan sendi.

4. Apel

Apel mengandung vitamin C dan asam malat yang membantu menurunkan kadar asam urat.

Meskipun demikian, apel juga mengandung fruktosa, yang dalam jumlah berlebih dapat memicu hiperurisemia, atau peningkatan kadar asam urat di atas batas normal.

Oleh karena itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai seberapa efektif apel dalam menurunkan kadar asam urat.

Baca Juga: Apakah Jalan Kaki 1 Jam Setiap Hari Bisa Menurunkan Berat Badan? Ini Faktanya

5. Sayuran

Dulu ada anggapan bahwa penderita asam urat harus menghindari sayuran tertentu. Melansir dari laman Very Well Health, penelitian terbaru menunjukkan bahwa sayuran kaya purin seperti asparagus, bayam, dan kembang kol tidak mempengaruhi kadar asam urat atau meningkatkan risiko serangan asam urat.

Mengonsumsi sayuran tetap penting karena membantu menjaga berat badan yang sehat serta menyediakan vitamin dan mineral penting untuk tubuh.

6. Produk Susu

Penelitian menunjukkan bahwa protein dalam produk susu dapat membantu menurunkan kadar asam urat secara alami.

Pilih produk susu rendah lemak seperti susu skim atau yogurt rendah lemak untuk membantu menjaga berat badan dan menurunkan kadar asam urat secara bersamaan.

Baca Juga: 14 Tips Sehat dan Bugar di Usia 30 Tahun ke Atas, Bisa Bantu Panjang Umur lo

7. Tahu, Biji-bijian, Kacang-kacangan, dan Lentil

Protein nabati seperti tahu, kacang-kacangan, dan lentil sangat baik untuk mempertahankan pola makan seimbang, terutama saat mengurangi konsumsi daging dan makanan laut.

Meski begitu, tubuh tetap memerlukan 15% hingga 30% kalori dari protein, sesuai rekomendasi USDA. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa protein dan minyak nabati (seperti minyak zaitun, bunga matahari, dan kedelai) dapat membantu melindungi tubuh dari serangan asam urat.

Nah, itulah daftar makanan penurun asam urat tercepat dan terampuh yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat, ya.

Tonton: Tinggalkan 5 Kebiasaan Sehari hari Ini Jika Tak Ingin Asam Lambung Kambuh

Selanjutnya: Chery Perkenalkan Prototipe Mobil Terbang Terbarunya, Lolos Uji Terbang Sejauh 50 Mil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas