Daftar Menu Makanan Sehari-hari bagi Penderita Diabetes



MOMSMONEY.ID - Ini beberapa menu makanan sehari-hari bagi penderita diabetes yang bisa Anda coba!

Bagi penderita diabetes, menjaga pola makan yang sehat dan seimbang sangat penting untuk mengontrol kadar gula darah.

Pemilihan makanan yang tepat tidak hanya membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil, tetapi juga mendukung kesehatan secara keseluruhan.


Bersumber dari Halodoc dan Dokter Sehat, inilah rekomendasi menu makanan sehari-hari bagi penderita diabetes:

1. Dada Ayam

Dada ayam merupakan sumber protein yang rendah kalori dan membantu penderita diabetes dalam menjaga berat badan serta membuat kenyang lebih lama.

Baca Juga: Macam-Macam Makanan Pengganti Nasi untuk Diet yang Ampuh Turunkan BB

2. Ikan Beromega-3

Ikan seperti salmon, sarden, dan makarel yang kaya omega-3 sangat baik untuk kesehatan. Studi menunjukkan bahwa konsumsi ikan ini bisa membantu mengontrol kadar gula darah karena kandungan proteinnya.

3. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah pilihan karbohidrat yang baik karena memiliki indeks glikemik rendah dan kaya nutrisi. Ini membuatnya cocok sebagai makanan untuk penderita diabetes.

4. Oatmeal

Oatmeal mengandung B-glukan yang terbukti efektif dalam mengontrol gula darah. Dengan indeks glikemik rendah (di bawah 55), oatmeal tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah secara tiba-tiba.

Baca Juga: Sering Disandingkan, Apa Perbedaan Asam Urat dan Kolesterol Sebenarnya?

5. Roti Gandum

Roti gandum memiliki indeks glikemik lebih rendah daripada roti putih dan tinggi serat, sehingga membantu memperlambat pencernaan dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

6. Buah-buahan

Buah-buahan seperti apel, beri, dan jeruk memiliki indeks glikemik rendah dan kaya akan serat. Konsumsi buah-buahan ini dalam bentuk utuh, bukan jus, agar manfaat seratnya maksimal.

7. Sayuran Hijau

Sayuran seperti bayam dan kale rendah karbohidrat dan kaya nutrisi, sehingga sangat cocok untuk menjaga gula darah tetap stabil. Konsumsi sayuran hijau dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

8. Buah Sitrus dan Beri

Buah sitrus dan beri kaya akan vitamin C dan antioksidan, yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan mendukung fungsi tubuh yang optimal.

Baca Juga: Coba Rekomendasi Menu Makan Diet Sehat dalam Seminggu Ini, yuk!

9. Quinoa

Quinoa tinggi serat dan protein, yang membantu mengontrol gula darah dengan baik dan merupakan pilihan yang sehat bagi penderita diabetes.

10. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya serat, protein nabati, vitamin, dan mineral. Dengan indeks glikemik rendah, kacang-kacangan membantu mengontrol kadar gula darah.

11. Bawang Putih

Bawang putih terbukti dapat menurunkan kadar gula darah, terutama jika dikonsumsi bersamaan dengan obat seperti metformin, yang sering digunakan untuk diabetes tipe 2.

12. Yogurt

Mengonsumsi yogurt tawar secara rutin dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Yogurt memiliki indeks glikemik rendah, sehingga aman bagi penderita diabetes.

Baca Juga: Efek Samping Minum Es Teh Berlebihan Apa Saja, ya? Mari Intip Ulasannya di Sini

13. Telur

Telur rendah karbohidrat dan tinggi lemak sehat. Mengonsumsi telur 6-12 butir per minggu dianggap aman bagi penderita diabetes dan juga membantu menjaga rasa kenyang lebih lama.

14. Alpukat

Alpukat rendah gula dan kaya serat serta lemak sehat, membuatnya aman dikonsumsi oleh penderita diabetes karena tidak meningkatkan kadar gula darah.

15. Rumput Laut

Rumput laut kaya akan protein, vitamin, dan mineral, serta membantu mengurangi resistensi insulin, sehingga baik untuk metabolisme dan mengontrol kadar gula darah.

16. Mi Shirataki

Mi shirataki mengandung serat glucomannan yang bisa mengurangi rasa lapar dan menurunkan kadar gula darah setelah makan. Mi ini juga bermanfaat dalam mengurangi risiko penyakit jantung pada penderita diabetes.

Baca Juga: Ini Bahaya Makan dan Minum Sambil Berdiri yang Perlu Anda Tahu

Itulah beberapa menu makanan sehari-hari bagi penderita diabetes yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat!

Selanjutnya: Festival Payung Indonesia 2024 Jadi Pendorong Ekonomi Kreatif di Solo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas