Daftar Negara Paling Bahagia 2023, Indonesia Di Peringkat Berapa?



KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak daftar negara paling bahagia di dunia tahun 2023. Lalu, di peringkat berapa Indonesia dalam daftar negara paling bahagia di dunia 2023?

World Happiness Report merilis laporan negara paling bahagia di seluruh dunia pada 2023. Laporan daftar negara paling bahagia ini diumumkan pada Senin (20/3/2023) bertepatan dengan Hari Kebahagiaan Internasional.

Sebanyak lebih dari 150 negara mengikuti survei pemeringkatan negara paling bahagia di dunia. Dilansir dari CNN, pemeringkatan negara paling bahagia didasarkan pada enam faktor utama, yaitu dukungan sosial, pendapatan, kesehatan, kebebasan, keramahan, dan tingkat korupsi.

Negara-negara ini diberi peringkat kebahagiaan berdasarkan evaluasi hidup rata-rata mereka selama tiga tahun, yakni pada 2020, 2021, dan 2022.

Baca Juga: Finlandia Raih Predikat Negara Paling Bahagia di Dunia 2023

Finlandia negara paling bahagia 6 tahun berturut-turut

Negara paling bahagia di dunia pada 2023 menurut World Happiness Report adalah Finlandia. Dikutip dari Forbes, Finlandia dinobatkan menjadi negara paling bahagia se-dunia selama 6 tahun berturut-turut.

"Finlandia terus menempati posisi teratas selama enam tahun berturut-turut dengan skor yang jauh di depan semua negara lain," tulis laporan tersebut.

Para ahli dari Universitas Aalto di Finlandia mengungkapkan sejumlah faktor yang menyebabkan negara itu menjadi tempat paling membahagiakan. "Finlandia tampaknya unggul karena kemampuan sistem kesehahteraannya, sehingga warga merasa diperhatikan," jelas Frank Martela, dosen Universitas Aalto.

Selain itu, negara ini juga memberikan tunjangan pengangguran hingga kesehatan yang nyaris gratis. Tata kota Finlandia juga membuat para warganya merasa lebih sehat dan aman.

Daftar negara paling bahagia di dunia 2023 Dikutip dari World Happiness Report, berikut 10 negara paling bahagia di dunia:

  1. Finlandia
  2. Denmark
  3. Islandia
  4. Israel
  5. Belanda
  6. Swedia
  7. Norway
  8. Swiss
  9. Luksemburg
  10. Selandia Baru
Dalam laporan yang sama, diketahui pula 10 negara paling tidak bahagia di dunia pada 2023, yaitu:

  • Afganistan
  • Libanon
  • Sierra Leone
  • Zimbabwe
  • Kongo
  • Botswana
  • Malawi
  • Komoro
  • Tanzania
  • Zambia
Peringkat Indonesia di negara paling bahagia 2023

Lalu bagaimana dengan Indonesia dalam daftar negara paling bahagia 2023?

Berdasarkan publikasi Worldhappiness.report, Indonesia berada di peringkat 64 negara paling bahagia di dunia 2023.

Di kawasan Asia Tenggara, peringkat negara paling bahagia Indonesia 2023 lebih baik dibandingkan negara tetangga. Thailand berada di peringkat 69 negara paling bahagia 2023.

Malaysia duduk di peringkat ke-71 negara paling bahagia di dunia 2023. Bahkan Malaysia malah kalah dengan Myanmar yang saat ini dikuasai junta militer. Myanmar duduk di peringkat ke-70 negara paling bahagia di dunia 2023.

Di Asia Tenggara, peringkat Indonesia dalam daftar negara paling bahagia 2023 kalah dengan Philipina di peringkat 57. Kemudian Singapura duduk di peringkat 27 negara paling bahagian 2023 dan Vietnam peringkat 20.

Itulah daftar negara paling bahagia di dunia 2023. Semoga Indonesia bisa menyusul Vietnam dan Singapura dalam daftar negara paling bahagia di dunia.

Sebagian artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Daftar Negara Paling Bahagia dan Tidak Bahagia di Dunia 2023, Mana Saja?",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto