Daftar Ucapan Bela Sungkawa Saat Anda Tak Bisa Menghadiri Pemakaman



MOMSMONEY.ID - Simak daftar ucapan bela sungkawa saat seseorang meninggal dan Anda tidak bisa menghadiri pemakamannya!

Siapapun di dunia ini tidak akan pernah siap ditinggalkan oleh orang terdekat untuk selamanya. Mereka yang ditinggalkan akan membutuhkan dukungan dari saudar, sahabat dan teman-temannya.

Baca Juga: Ini Cara Merawat Pakaian yang Terbuat Dari Kain Poliester


Lalu bagaimana cara memberi ucapan bela sungkawa turut berduka cita jika teman Anda kehilangan ayah, ibu atau saudaranya yang meninggal dunia saat Anda tidak bisa menghadiri pemakaman?

Saat memberi ucapan bela sungkawa, turut berduka cita, jangan fokus pada alasan kenapa Anda tidak bisa datang ke pemakaman. Sebaiknya, kirim pesan yang lebih tulus dan tepat sesuai dengan kondisi penerima dan berikan pesan positif yang memberikan dukungan kepada mereka. 

Ini daftar ucapan bela sungkawa turut berduka cita saat Anda tidak bisa menghadiri pemakaman!

  • Aku ikut berduka mendengar kabar meninggalnya (…). Saat ini aku belum bisa datang ke pemakamannya, namun aku janji akan menemuimu (sebutkan waktunya) untuk membantumu. 
  • (sebutkan nama orang yang meninggal) adalah orang yang luar biasa dan memiliki kontribusi besar untuk sekitarnya. Namun saat ini aku belum bisa menghadiri pemakamannya. Namun aku janji akan membantu apa yang kamu butuhkan, beri tahu aku apa yang bisa aku lakukan. 
  • Aku mendengar kabar bahwa (…) meninggal dunia hari ini. Aku ingin sekali menghadiri pemakaman, namun aku belum bisa. Apakah aku boleh mengirim bunga?
  • Aku sudah mengajukan cuti namun belum bisa karena ada pekerjaan mendadak. Aku akan mengirim bunga, namun aku ingin kamu tahu bahwa aku benar-benar ikut berduka atas kehilangan yang kamu rasakan. 
  • Aku baru bisa datang menemuimu (sebutkan waktunya). Apakah kamu berkenan jika aku datang menemuimu saat itu?
  • Aku telah mendengar kabar meninggalnya (sebutkan nama yang meninggal). Sayangnya aku belum bisa datang ke pemakaman. Namun ketahuilah, aku selalu siap mendengarkan jika kamu ingin cerita. 
  • Aku turut berduka atas meninggalnya (…). Saat ini aku belum bisa datang ke pemakaman. Namun apakah aku boleh membantu dengan mengumpulkan uang duka dari teman-teman yang juga tidak bisa hadir?
Tonton: Badan Haji Bentuk Keseriusan Prabowo dalam Penyelenggaraan Haji

Saat mengucapkan turut berduka cita ada baiknya diikuti dengan tindakan lain yang mungkin bisa Anda lakukan. Misalkan mengirim bunga, makanan atau sesuatu yang benar-benar dibutuhkan untuk perlengkapan mengantar jenazah atau doa peringatan yang akan dilakukan. 

Selanjutnya: Apa itu Responsive Feeding yang Dianjurkan oleh WHO?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta