Dahlan: Jika ekonomi tumbuh maka impor juga melaju



JAKARTA. Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengungkapkan, setiap kali pertumbuhan ekonomi Indonesia menyentuh 6%, maka akan diikuti dengan krisis.

Sebab, kata Dahlan, pertumbuhan ekonomi Indonesia itu diiringi dengan kenaikan impor. Membengkaknya laju pertumbuhan impor karena ketidakmampuan bangsa ini memenuhi permintaan di dalam negeri.

Karena itu, menurut Dahlan, pemerintah perlu mencari jalan keluarnya. "Ini pelajaran penting yang harus direnungkan. Kalau dalam krisis lalu perbankan yang belajar banyak, sekarang seharusnya pemerintah yang belajar banyak. Hal ini perlu diubah. Bahkan, perlu banyak pengusaha untuk mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri," ujar Dahlan di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Senin (11/11).


Dahlan menambahkan, saat ini diharapkan adanya pertumbuhan pemenuhan produk dalam negeri yang berkualitas. Ia mencontohkan, di zaman pemerintahan Presiden Soeharto, banyak pedagang yang menjadi pengusaha. Hal ini menurutnya amat baik, karena dampaknya adalah industri dalam negeri menjadi lebih kokoh.

Sangat disayangkan, saat ini justru lebih banyak pengusaha yang menjadi pedagang. Artinya, banyak yang lebih senang menjual barang yang dibelinya, ketimbang memproduksi suatu barang dari mentah menjadi barang jadi.

Menurut Dahlan, krisis ekonomi yang melanda Indonesia pada 1998, juga turut menyumbang andil dalam mematahkan semangat para pengusaha.

"Ketika krisis 1998, banyak orang yang menutup pabrik kemudian jadi pedagang. Lebih enak beli dan tentu harus impor. Nah, ini yang melemahkan ekonomi. Karena itu sekarang harus ada gerakan kembali menjadi pengusaha," ujar Dahlan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri