Dahlan minta ekspor batubara di stop satu abad



JAKARTA. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan meminta para pengusaha batubara untuk menghentikan ekspor batubara selama satu abad.

Alasannya, batubara bisa digunakan untuk bahan bakar pembangkit listrik yang murah dibandingkan dengan bahan bakar minyak (BBM). "Iyalah bagus. harus dicadangkan batubara untuk negara selama 100 tahun," ujar Dahlan di monas seusai senam, Selasa (7/1).

Dahlan pun tak ingin jika Indonesia yang makmur, harus mengimpor batubara. Karena itu cadangan batubara di dalam negeri harus diperbesar kapasitasnya. "Masa kita punya batubara terus nanti kita kesulitan batubara. Itu harus dicadangkan batubara untuk negara untuk listrik, minimal 100 tahun," ungkap Dahlan.


Dahlan menjelaskan, PT PLN (Persero) sampai saat ini kesulitan mendapatkan batubara. Pasalnya para pengusaha lebih memilih ekspor, apalagi jika harga batubara di dunia sedang meningkat.

"Mereka (pengusaha batubara) nggak mau kirim ke PLN meski kena denda. Nggak apa-apa kena denda karena harga batubara di luar negeri lebih mahal dijual," papar Dahlan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hendra Gunawan