Dahlan ogah impor kereta api bekas mulai 2016



JAKARTA. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN),  Dahlan Iskan memaklumi selama ini PT Kereta Api Indonesia (KAI) masih membeli kereta bekas yang dari Jepang. Namun begitu, Dahlan menargetkan tahun 2016 perusahaan pelat merah ini tak lagi membeli kereta bekas.

"Dalam 3 tahun ke depan tidak boleh lagi impor kereta bekas. Tapi harus beli baru di PT Inka (Persero)," kata Dahlan kepada wartawan di ruang kerjanya, Jakarta, Jumat (22/2).

Mengenai pembelian kereta bekas oleh KAI pada waktu sebelumnya, Dahlan menganggapnya sebagai hal yang wajar. "PT KAI pesan kereta bekas dari Jepang itu wajar, karena untuk menyehatkan kinerja perusahaan. Mereka butuh banyak kereta, kalau beli kereta baru nanti dananya bisa habis," ujar Dahlan.


Dahlan bilang, selama PT KAI masih banyak mengimpor kereta bekas, pihaknya akan mendorong PT Inka untuk lebih baik lagi dalam kualitas produksi kereta apinya. "Jadi dalam 3 tahun ke depan PT Inka harus banyak belajar meningkatkan kualitas. Kalau kualitas kereta bagus nanti dapat di ekspor," tegas Dahlan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri