Dahsyat, internet Inggris bernilai £ 100 miliar



LONDON. Dalam sebuah riset yang diprakarsai Google, terungkap bahwa uang yang lalu lalang di jaringan internet Inggris sudah membubung menjadi £ 100 miliar atau setara dengan 7,2% GDP Inggris.

Dalam laporan yang dibuat Boston Consulting Group (BCG) itu dikatakan internet menjadi sektor kelima terbesar dalam perekonomian di Inggris, kalau saja internet dianggap sebuah sektor dalam perekonomian Inggris. Hebatnya, nilai sektor internet ini sudah melebihi nilai sektor konstruksi, transportasi, dan industri utility Inggris.

Dari nilai £ 100 miliar ini, porsi terbesar yaitu 60%-nya datang dari konsumsi internet. Maksudnya, nilai yang dibelanjakan para pengguna internet untuk dalam online shopping dan biaya koneksi internet serta peralatan untuk akses internetnya. Sisanya, datang dari pembuatan infrastruktur internet, belanja IT Pemerintah Inggris, dan ekspor.


Riset yang berjudul, The Connected Kingdom: How the Internet is Transforming the UK ini juga memperkirakan kontribusi internet terhadap GDP akan tumbuh 10% setiap tahun. Artinya sektor internet akan mencapai 10% GDP Inggris di tahun 2015.

Inggris dikatakan juga sudah menjadi negara dengan sistem e commerce-nya paling maju. Untuk setiap £ 1 yang diimpor ke Inggris akan menghasilkan ekspor sebesar £ 2,8. “Ini tren yang berbalikan dengan kondisi perekonomian offline yang harus mengimpor £ 1 untuk setiap ekspor senilai £ 90 pence,” ungkap laporan tersebut.

Perusahaan-perusahaan internet juga memainkan peran yang penting untuk mempekerjakan sekitar 250 ribu karyawan. Selain itu terungkap juga penjualan perusahaan skala menengah kecil yang aktif mempergunakan internet bisa meningkat 4 kali lebih besar dibandingkan perusahaan yang tidak aktif dengan internetnya.

“Internet sudah menyebar dalam perekonomian Inggris saat ini, lebih cepat dibandingkan negara-negara maju lainnya,” papar Paul Zwillenberg partner BCG. Bahkan beberapa industri seperti media, travel, asuransi, dan fashion pun sudah mengalami transformasi besar karena internet.

Menurut Managing Director Google Inggris Matt Brittin, internet sudah menjadi pilar sentral dalam perekonomian Inggris. “Sektor ini akan makin menjadi matang dengan prospek yang sangat besar untuk tumbuh. Akibatnya, kesejahteraan ekonomi Inggris akan sangat bergantung pada internet ekonomi Inggris,” tambah Brittin.

Editor: Djumyati P.