Daihatsu tutup 68 diler dan perpanjang penghentian produksi



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah Jakarta, wilayah lain juga ikut menerapkan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Mulai dari beberapa kota dan kabupaten di Jawa Barat, Tangerang, sampai Riau.

Dampak dari kondisi tersebut, membuat Daihatsu memutuskan untuk memperpanjang periode pemberhentian sementara aktivitas pabriknya. Dari semula ditetapkan pada 10-17 April 2020, kini diteruskan hingga 24 April 2020.

Baca Juga: Daihatsu mengempit pangsa pasar ritel 17,9% sepanjang kuartal I 2020

Supranoto, Chief Executive PT Astra International, Tbk – Daihatsu Sales Operation (AI DSO), mengatakan keputusan tersebut dilakukan untuk mengutamakan Kesehatan dan keselamatan karyawan, pelanggan, serta stakeholders lainnya.

"Daihatsu dan seluruh pihak terus mendukung semangat pemerintah dalam memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19. Sehingga, kami mohon dukungan dan pengertiannya dari pelanggan atas kebijakan pemberhentian layanan sementara ini," ucap Supranoto dalam keterangan resminya, Kamis (16/4/2020).

Tak hanya itu, selain menghentikan sementara aktivitas pabrik, Daihatsu juga mengentikan sementara layanan operasional seluruh diler pada beberapa area yang meliputi showroom dan bengkel. Total ada 68 jaringan yang diberhentikan sementara.

Supranato mengklaim akan memonitor situasi terkini berdasarkan kebijakan pemerintah dan koordinasi dengan institusi terkait, selama masa pemberhentian operasional sementara. Pelayanan Daihatsu tetap dapat diakses via online melalui situs resmi dan aplikasi Astra Daihatsu Mobile.

Baca Juga: Penjualan mobil Astra turun di kuartal I 2020, namun tetap kuasai pangsa pasar

Editor: Yudho Winarto