Dampak Kejatuhan Credit Suisse, Swiss Kehilangan Daya Tarik bagi Dunia Keuangan



KONTAN.CO.ID - ZURICH. Sebuah studi yang diterbitkan oleh Deloitte pada hari Rabu mengungkapkan bahwa Swiss semakin kurang menarik bagi klien kaya, dengan penurunan aset yang dikelola oleh bank dan penasihat keuangan negara tersebut.

Aset asing yang dikelola di Swiss mengalami penurunan, dari US$2,624 triliun pada tahun 2020 menjadi US$2,174 triliun pada tahun 2023, sesuai dengan survei yang terakhir dilakukan.

Kejatuhan Credit Suisse tahun lalu telah mengguncang kepercayaan klien kaya dari Eropa dan Timur Tengah, menimbulkan keraguan tentang stabilitas pusat perbankan Swiss.


Deloitte mencatat bahwa arus masuk aset dari kedua wilayah tersebut telah menurun sejak krisis tahun lalu dan belum sepenuhnya pulih.

Baca Juga: Setelah Penyelamatan Credit Suisse, UBS Hadapi Persyaratan Modal yang Lebih Ketat

Mengurangi Daya Tarik Swiss

Keunggulan lain dari Swiss, seperti pajak yang rendah, kepastian hukum, dan netralitas, juga menjadi kurang penting menurut laporan ini.

Meskipun Swiss masih memegang posisi sebagai lokasi terbesar di dunia untuk kekayaan offshore, pangsa pasar negara ini dalam total US$10 triliun kekayaan yang dikelola secara offshore telah turun menjadi 21,4% dari 23,7% pada tahun 2020.

Persaingan dari Negara Lain

Rival-rival Swiss mulai mengejar, dengan Inggris sebagai pengelola kekayaan offshore terbesar kedua kini mengawasi US$2,166 triliun dalam aset asing, sementara Amerika Serikat di posisi ketiga dengan US$2,109 triliun.

Hong Kong dan Singapura, yang juga termasuk dalam lima besar dunia, tidak jauh di belakang, meskipun Singapura menghadapi tekanan setelah mengalami penurunan aset yang dikelola sejak tahun 2020.

Baca Juga: Usai Credit Suisse Sekuritas Indonesia Hengkang, BEI Terbitkan Satu SPAB Baru

Patrik Spiller, pemimpin praktik industri pengelolaan kekayaan Deloitte di Swiss, menyatakan, "Amerika Serikat berada dalam posisi awal yang kuat."

Laporan tersebut mencatat bahwa AS memiliki manajer aset berkualitas tinggi, pasar modal yang kuat, serta keuntungan regulasi dan pajak.

Keunggulan Amerika Serikat

Misalnya, Amerika Serikat tidak berpartisipasi dalam pertukaran informasi otomatis tentang rekening keuangan, yang dimaksudkan untuk mencegah penghindaran pajak lintas batas, memberikan keunggulan dibandingkan dengan pusat-pusat lainnya.

Selanjutnya: Berakhirnya PKS Bangun Guna Serah Gedung JCC antara PPKGBK & PT GSP per 21Oktober2024

Menarik Dibaca: Katalog Promo JSM Alfamidi Spesial Gajian Hanya 4 Hari Periode 24-27 Oktober 2024

Editor: Handoyo .