DANA Tingkatkan Literasi Keuangan Pengguna Terhadap Ancaman Kejahatan Siber



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Belakangan ini kejahatan siber di tanah air marak terjadi. Atas dasar itu, platform dompet digital DANA berkomitmen dalam upaya meningkatkan literasi keuangan pengguna terhadap ancaman kejahatan siber.

CEO & Co-Founder DANA Indonesia Vince Iswara mengatakan, ada 3 pendekatan yang terus DANA lakukan, yaitu peningkatan layanan melalui fitur DANA Protection, mengedukasi pengguna, hingga melakukan kolaborasi dengan multipihak dalam ekosistem ekonomi digital.

Vince bilang sejak enam tahun hadir di Indonesia, komitmen DANA masih tetap sama untuk menjembatani inklusi keuangan dan meningkatkan kesejahteraan finansial masyarakat melalui inovasi-inovasi teknologi.


"Komitmen tersebut kami bangun dengan memegang teguh tiga prinsip utama kami, yaitu trusted, friendly, dan accessible. Ketiga prinsip itu senantiasa kami bawa dalam mengembangkan berbagai inovasi dan inisiatif DANA, yang bertujuan melayani kebutuhan masyarakat Indonesia,” kata Vince dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Jumat (27/9).

Menurut Vince, keamanan menjadi faktor utama yang mendorong kepercayaan masyarakat untuk menggunakan dompet digital. Bahkan, dia bilang keamanan menjadi bagian integral untuk memperluas akses, hingga menciptakan ekosistem ekonomi digital yang sehat dan berkelanjutan. 

Baca Juga: DANA Sempat Temukan Adanya Indikasi Aktivitas Judi Online

Terkait DANA Protection, Vince menyampaikan fitur tersebut merupakan salah satu fitur keamanan andalan bagi pengguna. Melalui fitur DANA Protection, dia menyebut pengguna bisa melakukan deteksi dini melalui Scam Checker.

"Fitur itu memungkinkan pengguna untuk mengecek keabsahan nomor, akun media sosial, nomor rekening bank, hingga tautan yang tidak diketahui oleh pengguna. Ada juga fitur Aduan Nomor, yang terhubung langsung dengan AduanNomor.id milik Kominfo, yang berfungsi untuk melacak pemilik nomor tersebut. Melalui cara itu, pengguna bisa makin waspada terhadap nomor-nomor yang terindikasi penipuan," tuturnya.

Vince mengatakan, pengguna juga bisa meningkatkan keamanan akunnya melalui DANA Protection dengan melihat rekomendasi pengaturan keamanan atau Security Suggestions yang dianjurkan bagi akun milik pengguna.

Rekomendasi keamanan tersebut, termasuk mengganti PIN secara berkala, mengaktifkan Passkey, menambah pertanyaan keamanan untuk verifikasi, mengaktifkan autentikasi wajah DANA VIZ, sampai izin lokasi.

Sebagai bentuk komitmen DANA dalam melindungi data dan transaksi pengguna, Vince menyampaikan DANA Protection tetap hadir memberikan 100% jaminan uang kembali sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Cakupan perlindungan itu meliputi, penggantian saldo jika ada transaksi yang tidak dilakukan oleh pengguna atau pemilik akun dan terjadi hanya dalam 60 hari terakhir. Pengguna cukup melaporkannya melalui asisten virtual DIANA, untuk bisa melakukan klaim DANA Protection.

Baca Juga: Cara Kirim ShopeePay ke DANA dan Tips Transfer Sebaliknya

Dalam aplikasi, Vince bilang, DANA juga memiliki fitur tambahan bertajuk Waspada Online dan Tipu Online. Pada kedua mini program, dia menyebut pengguna bisa mencoba edukasi yang dikemas dalam bentuk gamifikasi. Usai menyelesaikan tantangan, pengguna akan diberikan peringatan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai kejahatan siber.

DANA juga berfokus pada edukasi melalui kampanye-kampanye program di media sosial untuk mengingatkan terkait adanya ancaman siber.

Di era sinergi dan kolaborasi, Vince bilang DANA terus bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memerangi kejahatan siber. Peran aktif DANA tidak berhenti di level nasional saja, dia mengatakan DANA bahkan menempatkan diri sebagai salah satu perwakilan industri tekfin sebagai key experts dalam tingkat regional ASEAN.

"Peran DANA, yaitu memberikan masukan atas pengembangan Digital Economic Framework Agreement (DEFA), sehubungan pembahasan pembayaran digital dan manajemen risikonya. Keterlibatan dalam DEFA diharapkan mampu memberikan perlindungan konsumen yang makin optimal, dalam penanganannya di lintas negara," pungkas Vince.

Selanjutnya: Cara Menghilangkan Bau Apek dari Handuk, Ubah Jadi Segar

Menarik Dibaca: Cara Menghilangkan Bau Apek dari Handuk, Ubah Jadi Segar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari