Danone-Aqua Ajak Anak Muda Berpikir Kritis



KONTAN.CO.ID - Danone-aqua, perusahaan air minum dalam kemasan dan minuman ringan ajak generasi muda untuk kritis dalam konsumsi produk. Hal ini diutarakan Arif Mujahidin, Corporate Communications Director Danone Indonesia. Menurut Arif, hampir 60% hingga 70% anak muda bicata soal Indonesia emas. Untuk menuju Indonesia emas, Arif yakin bahwa generasi muda bisa melakukan berbagai hal termasuk kritis dalam mengkonsumsi sebuah produk. "Melihat semangat anak muda kami mengajak mereka untuk turut dalam kampanye #PikirinDulu yang kami lakukan," ujar Arif saat diwawancarai Kontan usai acara Danone-Aqua gelar Kampanye PikirinDulu Conscious Consumption di Jakarta, Kamis (24/8). Arif menyebut kampanye #PikirinDulu akan terus dilakukan ke seluruh lapisan masyarakat khususnya generasi muda di setiap perguruan tinggi di Indonesia. "Targetnya anak muda dan kami akan bergerak ke semua universitas untuk kampanye ini," jelasnya. Sebelumnya Danone-Aqua meluncurkan kampanye #PikirinDulu dengan tujuan untuk membangun kesadaran dan mengajak generasi muda untuk kritis sebelum mengonsumsi dengan memikirkan terlebih dahulu dampak atas produk yang mereka akan pilih (conscious consumption).  "Dalam kaitannya dengan itu pula, kami merasa perlu menanamkan budaya berpikir kritis dulu dalam berkonsumsi kepada generasi muda sebagai generasi penerus bangsa. Apalagi hal ini sejalan dengan target pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals, nomor 12) yang selama ini terus menerus dijalankan oleh Danone-AQUA," ungkap Arif lebih lanjut. Andien, Penyanyi dan Social & Environmental Advocates, mengatakan sebagai konsumen, sekarang kita membeli sebuah barang bukan hanya tindakan ekonomi semata, karena kita memilih sebuah produk melalui berbagai pertimbangan atas berbagai implikasinya mulai dari kesehatan, lingkungan, sosial, budaya, dan bahkan dari sisi psikologis.   Bagi Andien dengan membeli produk sesuai kebutuhan, sebaiknya kita tidak hanya memikirkan bagaimana kita dapat menghemat pengeluaran dengan menggunakan satu produk dalam jangka waktu yang lebih lama, namun juga memikirkan mengenai bagaimana produk tersebut diproduksi termasuk pertimbangan terhadap praktik yang bertanggung jawab terhadap pekerja yang terlibat dan sumber daya alam yang digunakan. Lalu, memikirkan juga bagaimana limbah dari sebuah produk yang sudah tidak digunakan akan dapat mempengaruhi lingkungan tempat tinggal kita. "Jadi, jika saya bisa menyimpulkan, pada dasarnya dalam membeli sesuatu, kita tidak hanya memikirkan benefit yang di dapat dari produk tersebut, tapi juga memikirkan benefit dari hal baik yang dapat kita perbuat dengan menjaga lingkungan dan masyarakat. Oleh karena itu menurut saya meningkatkan awareness untuk selalu #PikirinDulu sebelum memutuskan untuk mengonsumsi sesuatu itu penting sekali, terutama di kalangan generasi muda," tutur Andien. Sebagai bagian dari kampanye #PikirinDulu, Danone-AQUA bermitra dengan Universitas Indonesia juga mengundang para mahasiswa seluruh Indonesia untuk dapat berpartisipasi dalam kompetisi inovasi program terkait isu kesehatan dan keberlanjutan lingkungan bertajuk “Voice of Youth Challenge 2023”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor: Jane Aprilyani