Dari menteri hingga wakil presiden, ini 7 pejabat dunia terjangkit virus corona



KONTAN.CO.ID - Penyebaran virus corona baru di dunia belum terbendung. Tak hanya menyerang warga sipil, virus yang bermula di Kota Wuhan, China, itu juga menginfeksi sejumlah pejabat dunia.

Lebih dari 100 negara telah mengonfirmasi kasus terinfeksi virus corona baru, dengan jumlah pasien lebih dari 125.000 orang dan 4.610 kematian. Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun menetapkan Covid-19 sebagai pandemi pada Rabu (11/3).

Kenaikan status oleh WHO tersebut berdasar peningkatan kasus virus corona baru di luar China hingga 13 kali lipat, serta jumlah negara terinfeksi yang terus bertambah.

Berikut pejabat dunia yang terjangkit virus corona baru:

Baca Juga: Kasus corona hanya satu digit, China kurangi pembatasan perjalanan di Hubei

1. Menteri Kesehatan Inggris

Menteri Kesehatan Inggris Nadine Dorries dalam keterangan resminya mengonfirmasi, bahwa ia telah terinfeksi virus corona pada Selasa (11/3). Dorries kemudian segera mengambil langkah pencegahan dan menjalani isolasi secara mandiri.

Juru bicara Departemen Kesehatan dan Layanan Sosial Inggris mengatakan, Dorries mulai menunjukkan gejala pada Kamis (5/3). Saat itu, dia menghadiri sebuah acara di Downing Street untuk memperingati Hari Perempuan Sedunia yang diprakarsai Perdana Menteri Boris Johnson.

2. Kepala Staf Militer Italia

Kepala Staf Angkatan Darat Italia Salvatore Farina terinfeksi virus corona pada Senin (9/3). Kabar tersebut dia sampaikan langsung usai hasil tes menunjukkan positif virus corona.

Meski demikian, kondisinya kini stabil dan sedang menjalani karantina mandiri di kediamannya. Jenderal Federico akan mengambil alih tugas Farina selama dalam masa karantina.

Baca Juga: Merasa menang lawan corona, China juga mengklaim sebagai sumber stabilitas di dunia

Editor: S.S. Kurniawan