Data DPT berbeda, Komisi II minta penjelasan KPU



JAKARTA. Komisi II DPR meminta penjelasan soal data Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang terjadi perbedaan antara data yang diajukan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Hari ini Komisi II meminta penjelasan beberapa masalah DPT yang pada saat rapat 23 Oktober lalu ada selisih data dari Kementerian Dalam Negeri dan KPU sebesar 20 juta pemilih kemudian tinggal 3 juta, itu belum jelas," kata Wakil Ketua Komisi II DPR, Chatibul Umam di Jakarta, Kamis (31/10).

Politisi dari Partai Demokrat ini menambahkan bahwa KPU belum bisa menjelaskan data yang belum sinkron dari Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4), Daftar Pemilih Sementara (DPS), sampai DPT.


"Selisih 20 juta jadi 9 juta dan kini berkurang lagi tinggal 3 juta yang belum diverifikasi itu semua perlu penjelasan," imbuh Chatibul.

Hari ini Komisi II DPR mengagendakan pembicaraan penetapan rekapitulasi DPT pemilu anggota DPR, DPD, dan DPRD Tahun 2014 sebagai tindak lanjut dari Rapat Dengar Pendapat (RDP) 22 Oktober lalu.

"Sifatnya bukan Rapat Kerja (Raker) tapi RDP, bedanya Raker memutuskan, kalau hari ini tidak ada keputusan. Hanya sharing saja, tapi KPU bisa klarifikasi selama 10 hari khusus soal DPT aja," ujar Chotibul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dikky Setiawan