Data ekonomi membaik, bursa Jepang menghijau



TOKYO. Indeks saham Nikkei Jepang mekar dan naik ke atas posisi 13.500 pada Jumat pagi ini, (23/8). Kenaikan kinerja Nikkei terjadi karena pelaku industri optimistis dengan data ekonomi seluruh dunia yang melaporkan perbaikan.

"Data ekonomi adalah katalis positif karena negara-negara itu (AS, Eropa China) dan adalah pasar ekspor utama Jepang, "kata Toshihiko Matsuno, senior strategist di Friend Securities SMBC.

Selain itu, industri di Jepang tersenyum gembira karena adanya pelemahan yen, yang memudahkan mereka untuk melakukan ekspor. Namun, sama dengan bursa lainnya, investor di Jepang juga khawatir dengan sikap pengurangan stimulus ekonomi yang diwacanakan The Federal Reserve.


Indeks Nikkei naik 2,1% menjadi 13.646,99, terlihat indeks di perdagangan dengan level resistance 13,781.32. Sementara kemarin, Nikkei turun 0,4%. Untuk pekan ini, indeks acuan ini turun 0,3%. Saham-saham yang naik adalah; saham Toyota Motor Corp naik 2,6%, Honda Motor Co juga naik 2,5%, sementara Sony Corp naik 3,0%.

Sementara itu, dolar diperdagangkan di atas 99 yen per dolar Amerika Serikat (AS), atau melemah dari dua hari lalu yang diperdagangkan dengan nilai 98 ¥. Pelemahan yen inilah yang membuat daya saing eksportir Jepang menguat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri