Deflasi Terjadi dalam 5 bulan Terakhir, Begini Dampaknya pada BCA Life



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, pada September 2024 terjadi deflasi sebesar 0,12% secara bulanan atau month to month (mtm).  Deflasi ini lebih tinggi bila dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai 0,03% mtm. Ini juga menjadi deflasi bulanan kelima secara berturut-turut.

BPS mengungkapkan bahwa deflasi pada September 2024 ini, lebih dalam dibandingkan Agustus 2024, dan merupakan deflasi kelima selama 2024 secara bulanan.

Adapun kelompok pengeluaran penyumbang deflasi bulanan terbesar adalah makanan, minuman, dan tembakau dengan deflasi 0,59%, dan memberikan andil deflasi sebesar 0,17%.


Baca Juga: Tren Deflasi Beruntun Sebabkan Kredit Menganggur Perbankan Kian Menumpuk

Dengan adanya deflasi ini tentu juga berdampak terhadap bisnis asuransi jiwa, termasuk BCA Life. 

CEO & President Director BCA Life, Christine Setyabudhi mengatakan bahwa perusahaan berharap deflasi ini disikapi dengan serius oleh pemerintah, karena sudah berjalan selama lima bulan terakhir.

Terlebih menurutnya, kebutuhan proteksi asuransi jiwa dan kesehatan sudah mulai meningkat sejalan dengan pemahaman masyarakat akan perlindungan keuangan yang terus berkembang.

"Untuk itu, kami BCA Life akan terus memberikan solusi-solusi terbaik sesuai dengan kemampuan financial setiap nasabahnya," kata Christine kepada Kontan.co.id, Rabu (3/10).

Baca Juga: Deflasi 5 Bulan Beruntun, BI Sebut Bukan Pertanda Pelemahan Berlebihan ke Ekonomi

Meski adanya deflasi selama 5 bulan terakhir ini, ia mengatakan bahwa kinerja BCA Life masih mengalami peningkatan premi pada produk digital, yang memang ditargetkan kepada anak muda dengan premi terjangkau dan cara beli yang mudah.

"Maka hal ini, akan menjawab kondisi saat ini dimana daya beli yang menurun, masyarakat mulai beralih dari asuransi yang dibeli langsung, berubah ke asuransi digital dengan premi lebih terjangkau tetapi tetap terlindungi," imbuhnya.

Adapun total pendapatan premi yang dibukukan oleh BCA Life selama lima tahun berturut-turut, telah mencapai diatas Rp 1 triliun. 

Selanjutnya: Acer Indonesia Resmikan Exclusive Store di Nipah Park Makassar,Hadirkan Promo Spesial

Menarik Dibaca: Bebas Greasy, Ini 5 Cara Pakai Cushion untuk Kulit Berminyak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi