Demokrat akan bahas konvensi capresdi rakornas



JAKARTA. Partai Demokrat (PD) akan menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pada Sabtu (29/6) nanti, di Hotel Sahid Jakarta. Rakornas tersebut bertujuan untuk membangkitkan dan menyegarkan kembali semangat kader PD dalam menghadapi pemilihan umum tahun 2014 mendatang. Selain itu, akan disampaikan juga syarat yang bisa ikut konvensi capres.
Ketua Dewan Pembina PD EE Mangindaan mengatakan rakornas yang akan dihadiri Ketua Umum PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut bertujuan untuk membesarkan PD dan kembali menggaungkan nama partai demokrat di hati masyarakat bahwa partai bentukan Presiden SBY ini masih ada. "Kita mengadakan rakornas itu dalam rangka membangkitkan semangat kembali, supaya masyarakat tahu bahwa Demokrat itu masih ada," ujar Mangindaan, Kamis (27/6).
Dalam kesempatan rakornas tersebut, lanjut Mangindaan, SBY selaku Ketua Umum akan membicarakan juga syarat-syarat kader partai atau orang dari luar partai yang bisa mengikuti konvensi PD untuk menjadi calon presiden 2014 mendatang. "Nanti akan disampaikan ketua Umum, kriteria kandidat-kandidat capres dari demokrat," beber Menteri Perhubungan ini.
Nantinya, konvensi ini menganut sistem semi terbuka bagi pihak luar yang bukan kader partai untuk ikut konvensi capres. Tapi dalam rakornas tersebut, SBY masih belum akan menyebut nama-nama yang memenuhi kriteria capres versi demokrat. "Konsep finalnya sudah ada di ketua umum sekarang, nanti bisa didengarkan saja pidatonya," ajak Mangindaan kepada awak media.
Sementara, terkait status Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di koalisi, Mangindaan memastikan tidak akan dibicarakan dalam rakornas tersebut. Urusan PKS itu cukup hanya ditangani majelis tinggi PD saja.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor: Amal Ihsan