DEN Dukung PLN Susun Roadmap SPKLU dan SPBKLU



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dewan Energi Nasional (DEN) mendukung PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dalam menyediakan roadmap pengembangan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU).

Sekretaris Jenderal DEN Djoko Siswanto mengatakan, ketentuan ini termuat dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 1 Tahun 2023 tentang Penyediaan Infrastruktur Pengisian Listrik untuk Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

"PLN diharapkan dapat menyusun roadmap penyediaan infrastruktur SPKLU dan SPBKLU. Roadmap tersebut sedikitnya memuat lokasi dan kapasitas pengisian SPKLU serta skema usaha SPKLU dan SPBKLU," kata Djoko di Jakarta, Kamis (3/10).


Baca Juga: Adira Finance (ADMF) Hadirkan SPKLU di Area Masjid Istiqlal

Djoko menambahkan,dalam upaya percepatan ekosistem kendaraan listrik, penyediaan SPKLU difokuskan pada sejumlah lokasi seperti SPBU, SPBG, kantor pemerintahan, pusat perbelanjaan dan parkiran umum.

Djoko turut mengapresiasi upaya PLN dalam menginstall SPKLU pada 2.000 tiang listrik. Menurutnya, peluang kerjasama infrastruktur pendukung kendaraan listrik masih terbuka lebar. Ia pun mendorong agar PLN menjalin kolaborasi lebih masif dengan pihak swasta.

Kontan mencatat, Direktur Retail dan Niaga PLN Edi Srimulyanti menambahkan, ekosistem kendaraan listrik terus tumbuh dan semakin berkembang pesat. Hal ini didukung oleh Pemerintah dengan memberikan stimulus dan insentif dalam pembelian kendaraan listrik, serta kemudahan dari PLN dalam pemasangan baru, penambahan daya, hingga harga spesial pengisian daya listrik di rumah.

"Lewat berbagai stimulus dan dukungan yang diberikan saat ini pertumbuhan kendaraan listrik relatif signifikan. Capaian positif ini akan kita teruskan dengan memastikan keandalan ekosistem EV sehingga masyarakat semakin yakin untuk beralih dari kendaraan fosil ke EV," tutur Edi.

Baca Juga: PLN Gandeng PT Utomo Charge+ dan ACME Corporaten Perbanyak Charging Station EV

Lewat kolaborasi ini, kata Edi, PLN dan 28 mitra lainnya akan mengembangkan infrastruktur EV lewat penyediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) baik roda 2 maupun 4, Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) dan layanan Home Charging Services.

Edi mengungkapkan langkah strategis ini juga penting bagi PLN untuk mendukung target penambahan 3.000 unit SPKLU dan 250 unit SPBKLU di tahun 2024. Melalui kolaborasi ini juga nantinya diharapkan akan semakin terbuka peluang peningkatan capability building dalam adopsi EV di Indonesia.

Selanjutnya: IEA Memperkirakan Permintaan Gas akan Capai Rekor Pada Tahun 2025

Menarik Dibaca: TikTok Perkenalkan Solusi Kreatif di TikTok Unboxed 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi