JAKARTA. Dulu, pemandangan yang kerap tampak di stasiun kereta menjelang Lebaran adalah antrean calon penumpang untuk membeli tiket. Tapi sepertinya, tahun ini pemandangan itu tak akan tampak lagi. Pasalnya, sejak minggu lalu, PT KA sudah memberlakukan reservasi atau pemesanan tiket online kereta eksekutif ke nomor call center 021-23507000 dari telepon biasa.Nah, dengan layanan reservasi online itu calon penumpang tidak perlu repot untuk antre di stasiun untuk membeli tiket. Pemudik hanya tinggal memesan lewat telepon, kemudian membayar lewat Bank Mandiri yang sudah bekerjasama dengan PT KA. "Sedangkan jika ingin memesan lewat telepon seluler, tinggal menghubungi nomor 13897," kata Akhmad Sujadi, Kepala Hubungan Masyarakat Daerah Operasional I PT Kereta Api.Sebelumnya, pada 2007 lalu, PT KA mengembangkan reservasi tiket online melalui agen perjalanan. Tahun ini, PT KA sudah menjalin kerjasama dengan 25 agen perjalanan yang jaringannya sudah online dengan jaringan PT KA. Agen-agen itu tersebar di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Semarang dan Cirebon. "Yang paling banyak di Jakarta," kata Patria Suprijoso, Kepala Sub Direktorat Pemasaran Angkutan Penumpang PT KA.
Menurut Patria, sistem pemesanan tiket online bertujuan untuk memperbaiki kinerja PT KA dalam hal pelayanan. "Konsumen tidak perlu berdesakan dan antre," katanya. Selain itu, PT KA bisa mengirit biaya operasional. Maklum, perusahaan pelat merah itu tidak perlu mengeluarkan uang untuk mendirikan pusat penjualan sendiri dan menggaji pegawai. Alhasil, PT KA mampu menggenjot pendapatan perusahaan. "Yang pasti keuntungan dari penjualan tiket bertambah," katanya.