MOMSMONEY.ID - Menjawab kebutuhan penggunanya, pada April lalu, Grab umumkan serangkaian fitur dan inovasi terbaru dalam ajang tahunan GrabX yang berlangsung di Singapura. Mengusung tema ‘Untuk Semua Versi Dirimu’ (For Every You), peluncuran fitur dan inovasi Grab ini merupakan strategi perusahaan memenuhi kebutuhan masyarakat yang dirancang agar lebih relevan bagi pengguna dalam menjalani peran mereka yang kian berkembang dari waktu ke waktu. Inovasi ini lahir dari riset mendalam terkait hal penting bagi keseharian pengguna, yang kemudian dikembangkan menjadi teknologi baru untuk membantu pengguna menemukan, menjelajahi, dan terhubung dengan orang lain disekitarnya. Beberapa diantaranya adalah pembaruan fitur unggulan dari layanan GrabFood dan GrabMart. Melalui pembaruan ini, Grab menghadirkan pengalaman yang lebih personal dan unik mulai dari pengantaran makanan, kebutuhan harian, hingga makan di tempat yang disesuaikan dengan aktivitas dan gaya hidup keseharian pengguna yaitu ‘Si Paling Mandiri’ (Solo You), ‘Si Paling Andalan Keluarga’ (Family ‘You), ‘Si Paling Petualang’ (Explorer ‘You).
Melinda Savitri, Country Marketing Head, Grab Indonesia & OVO mengatakan Grab percaya bahwa inovasi teknologi, khususnya AI, harus dibangun dengan hati. "Melalui pendekatan ‘AI-First-with-Heart’, Grab merancang fitur-fitur yang bukan hanya pintar, tapi juga relevan dengan gaya hidup, rutinitas, dan peran unik setiap pengguna Grab," ujar Melinda dalam keterangan resmi yang diterima Kamis (22/5).
Baca Juga: Peringatan Dini Cuaca Besok 23-24 Mei, Status Siaga Hujan Sangat Lebat Provinsi Ini GrabFood Mandiri (Makan Sendiri) Dalam rutinitas sehari-hari, ada kalanya pengguna ingin punya waktu untuk makan sendiri, misalnya seorang mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas atau pekerja kantoran yang sedang lembur hingga larut malam. Grab kini menyediakan lebih banyak pilihan makanan porsi individu, sehingga pengguna tetap dapat menikmati hidangan favorit meskipun sedang sendiri, untuk mendukung momen-momen tersebut. Memesan makanan untuk individu seringkali terkendala oleh minimnya pilihan menu satuan, batas minimum pembelian, dan tambahan biaya antar yang membuat harga jadi kurang terjangkau. Layanan GrabFood Mandiri (Makan Sendiri) hadir bagi pengguna yang ingin makan sendirian dengan memesan menu hemat, tanpa dikenakan batas minimum pembelian dan dengan ongkir yang terjangkau. Grab bekerja sama dengan Mitra Merchant untuk menyediakan berbagai pilihan menu lezat yang dapat dipesan melalui proses checkout dengan cepat dan mudah. Menikmati makanan favorit sendirian kini jadi lebih simpel dan ramah di kantong. Cara Menggunakan Layanan GrabFood Mandiri (Makan Sendiri) Berikut langkah-langkah untuk menggunakan fitur GrabFood Mandiri (Makan Sendiri) Buka aplikasi Grab, lalu pilih menu Makanan di halaman utama. Klik opsi GrabFood Mandiri. Telusuri menu makanan favoritmu dari berbagai pilihan restoran. Klik tombol “+” pada menu yang kamu inginkan, lalu tambahkan ke keranjang. Setelah semua menu masuk ke keranjang, pilih Pesan dan lanjutkan ke Checkout. Selesai! Tinggal tunggu makananmu diantar.
Baca Juga: Pentingnya Alokasi Biaya Pendidikan Sejak Dini Fitur Andalan Buat ‘Si Paling Andalan Keluarga’ (Family ‘You’) Fitur Dine Out Deals di Grab Dine Out
Dine Out merupakan bagian dari layanan Grab yang memungkinkan konsumen untuk makan di tempat dengan berbagai promo menarik di puluhan ribu restoran yang tersedia di lebih dari 50 kota. Melalui aplikasi Grab, konsumen dapat menggunakan
voucher Dine Out Deals di berbagai restoran favorit atau mendapatkan potongan langsung saat makan di tempat. Voucher dan potongan langsung ini bisa dibeli di halaman restoran favorit di aplikasi Grab
Dine Out yang menyediakan promo, atau dicari berdasarkan kategori promo, area, dan lokasi terdekat untuk memudahkan pencarian. Fitur Reservasi merupakan bagian dari langkah strategis Grab dalam mengembangkan layanan Dine Out, setelah mengakuisisi Chope, platform pemesanan reservasi restoran real-time yang beroperasi di Indonesia, Singapura dan Thailand, pada tahun 2024 lalu. Sebagai platform pertama yang meluncurkan fitur pemesanan restoran, pengguna aplikasi Grab akan mendapatkan pengalaman menyeluruh untuk menelusuri lebih dari 1.000 restoran berdasarkan promo yang tersedia secara eksklusif di Chope, berdasarkan masakan, lokasi, harga, suasana hati, dan festival/acara. Cara Menggunakan Fitur Reservasi di Grab Dine Out. Berikut langkah-langkah untuk menggunakan Fitur Reservasi di Dine Out: Buka aplikasi Grab lalu masuk ke menu Dine Out. Pilih opsi Reservasi Tempat. Cari dan pilih restoran favorit dari daftar yang tersedia. Klik Reservasi Meja pada halaman restoran yang dipilih. Isi detail data reservasi seperti tanggal, waktu, dan jumlah tamu. Lengkapi informasi kontak: nama, email, nomor HP, dan tambahkan catatan khusus jika diperlukan Setelah semua terisi, konfirmasi reservasimu. E-mail konfirmasi akan dikirimkan sebagai bukti reservasi.
Baca Juga: Begini Tanggapan Grab Soal Tuntutan Komisi Ojol, Regulasi Jadi Acuan Akun Keluarga Fitur Akun Keluarga diciptakan untuk membantu pengguna memantau perjalanan Anggota Keluarga secara real time, chat dengan Mitra Pengemudi, hingga membayarkan biaya perjalanan melalui satu metode pembayaran yang sama. Satu Akun Keluarga dapat menampung hingga 10 akun yang terdiri dari satu Akun Admin dan sembilan Akun Anggota. Cara Menggunakan Fitur Akun Keluarga. Berikut merupakan langkah-langkah dalam membuat Akun Keluarga Masuk ke menu Akun Pilih Buat Akun Keluarga Ikuti langkah-langkah yang ada Masukkan nomor telepon anggota yang ingin ditambahkan Pilih metode pembayaran Kemudian Simpan Anda otomatis menjadi Admin Cara Menambahkan Anggota Dalam Akun Keluarga Masuk ke menu Akun Pilih Lihat Akun Keluarga Klik tanda + Tambah anggota keluarga Masukkan nomor anggota yang ingin ditambahkan Klik selanjutnya Pastikan anggota sudah menerima notifikasi dan undangan dari Anda Cara Anggota Menyetujui Undangan Akun Keluarga Masuk ke menu Akun Pilih Akun Keluarga Pilih Join/Masuk
Baca Juga: Makan Puas Dompet Aman! Promo CFC Paket Astaga 1 dengan Grab 19-25 Mei Cuma Rp 20.000 Berikut merupakan langkah-langkah dalam menggunakan Akun Keluarga Cara Melakukan Pemesanan dengan Akun Keluarga Pilih layanan GrabBike atau GrabCar Tentukan titik penjemputan dan pengantaran Pastikan metode pembayaran yang dipilih Bill to Admin Pastikan Profil yang dipilih Keluarga Lanjutkan pemesanan Informasi perjalanan anggota akan dibagikan kepada Admin Admin Mendapat Notifikasi Perjalanan Anggota Pastikan Admin sudah mengaktifkan notifikasi untuk aplikasi Grab Admin dapat melihat status perjalanan Anggota secara real-time, dari perjalanan dimulai sampai selesai Admin dapat chat & telepon Mitra untuk Anggota Admin Memesan untuk Anggota Lainnya Pilih layanan GrabCar/GrabBike Tentukan titik penjemputan dan titik [engantaran Tentukan Anggota Keluarga
Pilih Metode Pembayaran Konfirmasi pemesanan
Baca Juga: Pemerintah Dinilai Harus Turun Tangan Perihal Rumor Merger Grab-GoTo Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News