Destry Damayanti Dilantik Jadi Deputi Senior BI Periode 2024 - 2029



KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Destry Damayanti resmi dilantik sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti resmi periode 2024 - 2029. Pengambilan sumpah jabatannya dilakukan di Mahkamah Agung, Rabu (7/8).

Dengan begitu, Destry resmi menduduki kursi Deputi Gubernur Senior BI untuk periode kepemimpinan 2024-2029. Destry terpilih kembali menjadi Deputi Gubernur Senior BI setelah sebelumnya menjabat pada periode 2019-2024.

Ketua Mahkamah Agung Muhammad Syarifuddin menyampaikan surat Keputusan Presiden RI Nomor 74/Tahun 2024 tanggal 10 Juli 2024, Destry Damayanti telah diangkat sebagai Deputi Gubernur Senior BI.


“Sebelum memangku jabatan Deputi Gubernur Senior BI wajib mengucapkan sumpah jabatan. Bersediakah saudari mengucapkan sumpah jabatan menurut agama saudari?” tutur Syarifuddin kepada Destry saat pelantikan di Gedung MA RI, Rabu (7/8).

Baca Juga: Tok! DPR Resmi Tetapkan Destry Damayanti Sebagai Deputi Gubernur Senior BI

Destry pun menyatakan kebersediaan untuk mengucapkan sumpah jabatan sebagai Deputi Gubernur Senior BI. Kemudian ia menerima naskah sumpah jabatan dari Mahkamah Agung, Rohaniwan pun mendekatkan Alquran pada Destry.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya untuk menjadi Deputi Gubernur Senior BI langsung atau tidak langsung dengan nama dan dalih apapun tidak menjanjikan atau memberikan sesuatu kepada siapapun juga,” ujar Destry.

“Saya bersumpah dalam melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatan, tidak akan menerima langsung atau tidak langsung dari siapapun juga, sesuatu, janji atau pemberian dalam bentuk apapun. Saya bersumpah bahwa saya akan melaksanakan tugas dan kewajiban Deputi Gubernur Senior BI dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab. Saya bersumpah bahwa saya, akan setia terhadap negara, konstitusi, dan Haluan negara,” lanjut Destry membacakan sumpah jabatan tersebut.

Pelantikan tersebut turut dihadiri oleh beberapa pejabat. Diantaranya, Gubernur BI Perry Warjiyo, Anggota Dewan Gubernur BI Filianingsih Hendarta, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Ketua DK OJK Mahendra Siregar, dan Kepala LPS Purbaya Yudhi Sadewa, Wakil Menteri Keuangan I dan II, yakni Suahasil Nazara dan Thomas Djiwandono hadir, beserta anggota Komisi XI DPR RI.

Baca Juga: Perkuat Pasar Keuangan, BI Bakal Implementasikan CCP pada Semester II-2024

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mencalonkan tunggal Destry untuk kembali menjabat sebagai Deputi Gubernur Senior BI kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Komisi XI DPR RI pun akhirnya menyetujui Destry Damayanti sebagai Deputi Gubernur Senior BI untuk periode 2024-2029.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Komisi XI DPR RI Kahar Muzakir kepada awak media usai kegiatan uji kelayakan dan kepatuhan (fit and proper test).

“Sudah (terpilih)," ujar Kahar di DPR RI, Senin (6/3).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Putri Werdiningsih