Dewan Direksi Boeing Menunjuk Kelly Ortberg Sebagai Presiden dan CEO



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Boeing baru saja mengumumkan penunjukan Robert K. "Kelly" Ortberg sebagai Presiden dan Chief Executive Officer (CEO) baru perusahaan, yang efektif mulai 8 Agustus 2024.

Ortberg juga akan bergabung dengan Dewan Direksi Boeing. Ia menggantikan Dave Calhoun, yang telah mengumumkan niatnya untuk pensiun tahun ini setelah menjabat sebagai presiden dan CEO sejak Januari 2020 serta sebagai anggota Dewan Direksi Boeing sejak 2009.

Proses Pemilihan yang Teliti dan Komprehensif

"Dewan Direksi melakukan proses pencarian yang teliti dan mendalam selama beberapa bulan terakhir untuk memilih CEO berikutnya dari Boeing, dan Kelly memiliki keterampilan serta pengalaman yang tepat untuk memimpin Boeing di babak berikutnya," Steven Mollenkopf, Ketua Dewan Direksi Boeing, dikutip dari laman Boing


Baca Juga: Turun Tajam, Laba Airbus Hanya US$ 879,7 juta per Kuartal II-2024

"Kelly adalah seorang pemimpin berpengalaman yang sangat dihormati dalam industri dirgantara, dengan reputasi yang baik dalam membangun tim yang solid dan menjalankan perusahaan teknik dan manufaktur yang kompleks. Kami menantikan kerja sama dengannya saat ia memimpin Boeing melalui periode penting dalam sejarah panjangnya," ungkap Mollenkopf 

Ketua Dewan Direksi juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada Dave Calhoun atas kepemimpinannya yang kuat di Boeing, baik sebagai Ketua Dewan maupun sebagai CEO.

"Dewan Direksi juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Dave Calhoun atas kepemimpinan kuatnya di Boeing, pertama sebagai Ketua dan kemudian sebagai CEO, ketika ia memimpin perusahaan melalui tantangan tahun-tahun terakhir," tambah Mollenkopf.

Baca Juga: Ini Empat Kandidat Potensial CEO Baru Boeing

Komitmen Kelly Ortberg untuk Melanjutkan Tradisi Boeing

Kelly Ortberg, yang berusia 64 tahun, membawa lebih dari 35 tahun kepemimpinan di bidang dirgantara ke posisi ini.

Ortberg memulai kariernya pada tahun 1983 sebagai insinyur di Texas Instruments, kemudian bergabung dengan Rockwell Collins pada tahun 1987 sebagai manajer program dan memegang berbagai posisi kepemimpinan penting di perusahaan sebelum menjadi presiden dan CEO Rockwell Collins pada tahun 2013.

Setelah lima tahun memimpin Rockwell Collins, ia mengarahkan integrasi perusahaan dengan United Technologies dan RTX hingga pensiun dari RTX pada tahun 2021.

Ortberg juga pernah memegang beberapa jabatan penting di industri, termasuk sebagai anggota Dewan Direksi RTX dan Aptiv PLC, perusahaan teknologi global serta pemimpin industri dalam arsitektur sistem kendaraan. Ia juga mantan Ketua Dewan Pengurus Aerospace Industries Association (AIA). Ortberg memiliki gelar sarjana dalam teknik mesin dari Universitas Iowa.

Editor: Handoyo .