DFSK optimistis penjualan otomotif tahun depan bisa lebih baik dari tahun ini



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memproyeksikan penjualan otomotif di tahun 2020 bisa berpotensi tumbuh tipis sebesar 5% dibanding tahun ini.

Co-Chairman I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Jongkie D. Sugiarto mengatakan bahwa dengan asumsi penjualan sebanyak 1 juta unit, maka penjualan di tahun depan bisa mencapai 1,05 juta unit.

Baca Juga: Baru rilis, produk baru Sentral Mitra Informatika (LUCK) sudah diburu

Optimisme ini didasarkan pada kondisi perekonomian dalam negeri tahun depan yang diyakini akan lebih baik dibanding tahun ini. "Diharapkan pertumbuhan ekonomi dapat (tumbuh) di atas 5%, pembangunan Infrastruktur akan terus dilaksanakan, pendapatan per kapita dapat meningkat, dan seterusnya," jelas Jongkie kepada Kontan.co.id (01/11).

Senada, PR and Digital Manager PT Sokonindo Automobile (DFSK) Arviane Dahniarny mengatakan proyeksi pertumbuhan penjualan sebesar 5% merupakan angka yang rasional. 

Berbeda dengan tahun ini, Arviane menilai bahwa terpilihnya kembali Joko Widodo sebagai Presiden Republik Indonesia berpotensi mendorong timbulnya kepastian politik. Hal ini dikarenakan pasar bisa melihat peta kebijakan presiden terpilih dari masa kepemimpinan sebelumnya.

Selain itu, keberlanjutan proyek-proyek infrastruktur akibat kembali terpilihnya incumbent juga diyakini mendorong penjualan kendaraan komersial maupun kendaraan penumpang.

Baca Juga: Daihatsu Rocky lebih mahal dari Toyota Raize, berikut perbandingan harganya

Dalam kondisi yang demikian, DFSK menargetkan pertumbuhan penjualan di tahun 2020. Namun demikian, Arviane mengaku masih belum bisa membeberkan berapa angka pertumbuhan penjualan yang ingin dikejar. “Saat ini kami masih dalam proses proyeksi dengan diler-diler kami,” tutur Arviane kepada Kontan.co.id (06/11).

Sebagai informasi, APM yang didirikan pada tahun 2008 ini telah mencatatkan penjualan ritel sebanyak 2.087 unit sepanjang Januari - September 2019. Capaian penjualan tersebut terdiri atas penjualan ritel segmen kendaraan penumpang sebanyak 1.039 unit dan kendaraan komersial sebanyak 1.048 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi