Dharma Polimetal (DRMA) Melirik Peluang Ekspansi Kendaraan Listrik



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten manufaktur komponen otomotif di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membidik peluang untuk ekspansi kendaraan listrik di Indonesia.

Munculnya beberapa pabrikan otomotif baru di Tanah Air menghadirkan peluang bagi Perseroan untuk menjalin kolaborasi ekspansi kendaraan listrik (EV). 

Pada segmen EV, DRMA sendiri sudah memproduksi battery pack, charging station, BLDC motor dan komponen lain yang mendukung aturan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri).


Baca Juga: Dharma Polimetal (DRMA) Bidik Ekspor Motor Listrik Roda Tiga

Selain itu, DRMA juga telah memiliki workshop untuk melakukan konversi sepeda motor berbahan bakar bensin (2W ICE) menjadi kendaraan listrik (EV), sebagai langkah untuk mempercepat adopsi kendaraan listrik di Indonesia.

Dharma Connect Dedikasi Perseroan terhadap pengembangan bisnis kendaraan listrik semakin mewujud nyata melalui penciptaan “Dharma Connect,” sebuah ekosistem kolaboratif yang mendorong pengembangan kendaraan listrik.

 
DRMA Chart by TradingView

Dharma Connect (DC) terbagi dalam empat segmen yaitu DC Battery (battery pack & energy storage system), DC Power (slow & fast charging), DC Motor (BLDC Hub & Mid Drive Motor), dan DC Solar.

Baca Juga: Tambah Diversifikasi Produk, Dharma Polimetal (DRMA) Rilis Kendaraan Roda Tiga

"Diversifikasi ini memanfaatkan potensi pasar yang besar, melayani sektor OEM otomotif, komersial, industri, perumahan, dan utilitas, baik di dalam maupun luar negeri. Komitmen DRMA terhadap inovasi dan pertumbuhan yang strategis memposisikan mereka untuk menang di pasar masa depan," kata Presiden Direktur Dharma Polimetal, Irianto Santoso dari keterangan tertulis yang diterima Kontan, Kamis (19/09). 

Pada bulan Juli 2024, DRMA telah memasok komponen EV yang penting untuk model EV pertama yang diproduksi secara lokal dengan menggunakan battery pack yang diproduksi di Indonesia. Komponen yang dipasok berupa battery pack casing, serta wiring harness-nya.

“Ini merupakan langkah maju yang signifikan, bukti nyata kesungguhan komitmen kami dalam mendukung program pemerintah untuk mengembangkan ekosistem bisnis kendaraan listrik yang kuat di Tanah Air,” tutup Irianto.

Selanjutnya: Produksi Beras Hadapi Banyak Tantangan, Bulog Singgung Perubahan Iklim

Menarik Dibaca: 10 Manfaat Makan Tauge untuk Kesehatan Tubuh Anda, Apa Saja ya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto