Di Depan Jokowi, Zulhas Sapa Anindya Bakrie dan Ungkap Kadin Sudah Akur



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menuturkan, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia sudah akur setelah kisruh perebutan ketua umum. 

Hal ini dikatakannya kepada Presiden Joko Widodo dalam acara Trade Expo Indonesia di ICE BSD, Tangerang, Rabu (9/10/2024).

Saat menyampaikan sambutan dalam acara itu, awalnya Zulhas menyapa seluruh tamu undangan. Salah satunya adalah Anindya Bakrie, yang tanpa ragu ia sapa sebagai ketua umum Kadin. 


"Ketua Kadin, Kadin sudah akur pak [Jokowi], sudah aman, sudah kompak, Anindya Bakrie," kata Zulhas, Rabu.

Sebelumnya diberitakan, Kadin mengalami konflik internal karena perebutan kursi ketua umum lewat Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub). 

Musyawarah tersebut mengganti posisi ketua umum dari Arsjad Rasjid ke Anindya Bakrie. 

Baca Juga: Prabowo Bakal Pangkas PPH Badan Jadi 20%, Berikut Alasannya

Pimpinan Munaslub Kadin, Nurdin Halid mengungkapkan, Arsjad Rasjid dilengserkan dari jabatan Ketua Umum (Ketum) Kadin Indonesia karena melanggar anggaran dasar Kadin. 

Ia diketahui pernah menjadi Ketua Umum Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo-Mahfud MD. 

“Organisasi Kadin adalah organisasi independen, bukan organisasi pemerintah, dan bukan organisasi politik,” kata Nurdin, dilansir dari Kompas.com, Sabtu. 

Di sisi lain Arsjad membantah telah melanggar aturan. Sebelum menjadi Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo-Mahfud MD, ia sudah mengambil cuti dan berkoordinasi dengan para wakil ketua umum serta ketua umum daerah Kadin Indonesia. 

"Saya memutuskan menjadi salah satu ketua dalam tim pemenangan yang lalu. Itu pun saya ajak bicara teman-teman," kata dia dalam konferensi pers di Hotel JS Luwansa, Minggu (15/9/2024). 

Lebih lanjut Arsjad bilang, tanpa mengambil cuti, keputusan untuk menjadi ketua tim pemenangan sebenarnya disebut tidak melanggar Aturan Dasar atau Aturan Rumah Tangga (AD/ART) Kadin Indonesia. Namun, ia tetap memutuskan mengambil cuti demi memperlihatkan manajemen yang baik. 

Dalam kisruh ini, Arsjad sebelumnya juga berencana menemui Presiden Jokowi. Namun Jokowi berpesan, masalah internal Kadin harus diselesaikan di internal organisasi pengusaha tersebut.

Baca Juga: Pengusaha Sambut Baik Rencana Prabowo Pangkas Tarif Pajak Korporasi Jadi 20%

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Di Depan Jokowi, Zulhas Sapa Anindya Bakrie dan Ungkap Kadin Sudah Akur", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2024/10/09/12413651/di-depan-jokowi-zulhas-sapa-anindya-bakrie-dan-ungkap-kadin-sudah-akur.

Selanjutnya: Harga Minyak Dunia Naik Tipis Rabu (9/10), di Tengah Situasi Timur Tengah

Menarik Dibaca: 6 Tempat Terbaik untuk Melihat Aurora, Yuk Agendakan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati