JAKARTA. Pasar Lenovo di Indonesia mengalami pertumbuhan yang pesat selama kuartal IV-2010 kemarin. Lenovo sebagai produsen personal computer (PC) mencatatkan pertumbuhan sebesar 160% dari periode yang sama tahun sebelumnya. Country General Manager Lenovo Indonesia, Sandy Lumy mengatakan pertumbuhan pasar Lenovo di Indonesia sangat pesat yang mencapai tujuh kali lipat dari pertumbuhan pasar dunia. "Laptop tetap memberi kontribusi terbesar dengan kontribusi 59% dari total penjualan PC," ungkap Sandy.Dari sisi pangsa pasar, Sandy mengatakan pada kuartal terakhir tahun 2010, Lenovo menguasai 7,6% pasar PC di Indonesia. Angka itu jauh lebih tinggi dari periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya 4%.Di Indonesia, produk ThinkPad L Series tercatat sebagai best seller dan membukukan pertumbuhan yang paling cepat dibanding produk lain. Produk itu masuk kategori laptop berharga murah. Sandy mengatakan pada segmen notebook untuk enterprise, large enterprise, public sector dan education, Lenovo berada di posisi pertama dengan pangsa pasar 33,4%. Di segmen desktop dan notebook untuk UKM, Lenovo juga berada di posisi pertama dengan pangsa pasar 9,4%. "Sedangkan secara keseluruhan di Indonesia, Lenovo berada di posisi ke empat dengan pangsa pasar 7.6%," terang Sandy. Sementara itu, pada kuartal I-2011, Sandy memperkirakan penjualan PC, laptop maupun netbook cenderung sama dengan kuartal sebelumnya atau tidak akan terlalu banyak tumbuh. Menurutnya pada awal tahun, perusahaan belum gencar melakukan belanja IT. Namun belanja IT akan terus mengalami peningkatan pada kuartal-kuartal berikutnya. Tahun ini, Lenovo masih gencar menggarap pasar di Indonesia. Mereka telah mengumumkan enam produk ThinkPad baru meskipun belum launching di Indonesia. Produk laptop baru itu adalah T420s, T420, T520, L420, L520 dan W520. ThinkPad terbaru itu memiliki keunggulan untuk mendukung kegiatan bisnis seseorang seperti percakapan video dan suara dan kekuatan batere.Pasar Indonesia yang terus tumbuh juga membuat produsen lain gencar mengeluarkan produk baru. Asus Indonesia meluncurkan notebook trendi seri K, Kamis (17/3). Rex Lee, Regional Director South East Asia mengatakan notebook seri K terbaru dari ASUS menyediakan kekuatan prosesor Intel Core generasi kedua Huron River serta kartu grafis generasi terbaru. "Spesifikasi ini menghasilkan pengalaman komputasi yang terakselerasi dengan sangat baik," ungkap Lee.Lee mengatakan dengan spesifikasi itu mampu menghasilkan peningkatan pada kinerja multitasking, multimedia dan gaming. Apalagi, menurut Lee, adanya DirectX 11 pada tipe itu membuat kinerja gaming seri K terbaru melampaui notebook lain di kelasnya. Menurut Lee, seri K generasi ketiga ini juga membidik kelas mainstream dengan harga yang sangat kompetitif. Seri K merupakakan produk yang banyak memberi kontribusi bagi pertumbuhan penjualan ASUS di Indonesia. Hal itu turut membantu ASUS hingga menjadi brand notebook terbesar ke 4 di Indonesia dengan peningkatan penjualan kurang lebih 400% dari tahun 2009. “Dari data IDC pada kuartal III 2010, notebook ASUS tercatat di peringkat ketiga penjualan notebook consumer di dunia dan peringkat keempat di Indonesia.” kata Rex Lee, Regional Director South East Asia.Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Di kuartal IV 2010, pasar Lenovo tumbuh 160%
JAKARTA. Pasar Lenovo di Indonesia mengalami pertumbuhan yang pesat selama kuartal IV-2010 kemarin. Lenovo sebagai produsen personal computer (PC) mencatatkan pertumbuhan sebesar 160% dari periode yang sama tahun sebelumnya. Country General Manager Lenovo Indonesia, Sandy Lumy mengatakan pertumbuhan pasar Lenovo di Indonesia sangat pesat yang mencapai tujuh kali lipat dari pertumbuhan pasar dunia. "Laptop tetap memberi kontribusi terbesar dengan kontribusi 59% dari total penjualan PC," ungkap Sandy.Dari sisi pangsa pasar, Sandy mengatakan pada kuartal terakhir tahun 2010, Lenovo menguasai 7,6% pasar PC di Indonesia. Angka itu jauh lebih tinggi dari periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya 4%.Di Indonesia, produk ThinkPad L Series tercatat sebagai best seller dan membukukan pertumbuhan yang paling cepat dibanding produk lain. Produk itu masuk kategori laptop berharga murah. Sandy mengatakan pada segmen notebook untuk enterprise, large enterprise, public sector dan education, Lenovo berada di posisi pertama dengan pangsa pasar 33,4%. Di segmen desktop dan notebook untuk UKM, Lenovo juga berada di posisi pertama dengan pangsa pasar 9,4%. "Sedangkan secara keseluruhan di Indonesia, Lenovo berada di posisi ke empat dengan pangsa pasar 7.6%," terang Sandy. Sementara itu, pada kuartal I-2011, Sandy memperkirakan penjualan PC, laptop maupun netbook cenderung sama dengan kuartal sebelumnya atau tidak akan terlalu banyak tumbuh. Menurutnya pada awal tahun, perusahaan belum gencar melakukan belanja IT. Namun belanja IT akan terus mengalami peningkatan pada kuartal-kuartal berikutnya. Tahun ini, Lenovo masih gencar menggarap pasar di Indonesia. Mereka telah mengumumkan enam produk ThinkPad baru meskipun belum launching di Indonesia. Produk laptop baru itu adalah T420s, T420, T520, L420, L520 dan W520. ThinkPad terbaru itu memiliki keunggulan untuk mendukung kegiatan bisnis seseorang seperti percakapan video dan suara dan kekuatan batere.Pasar Indonesia yang terus tumbuh juga membuat produsen lain gencar mengeluarkan produk baru. Asus Indonesia meluncurkan notebook trendi seri K, Kamis (17/3). Rex Lee, Regional Director South East Asia mengatakan notebook seri K terbaru dari ASUS menyediakan kekuatan prosesor Intel Core generasi kedua Huron River serta kartu grafis generasi terbaru. "Spesifikasi ini menghasilkan pengalaman komputasi yang terakselerasi dengan sangat baik," ungkap Lee.Lee mengatakan dengan spesifikasi itu mampu menghasilkan peningkatan pada kinerja multitasking, multimedia dan gaming. Apalagi, menurut Lee, adanya DirectX 11 pada tipe itu membuat kinerja gaming seri K terbaru melampaui notebook lain di kelasnya. Menurut Lee, seri K generasi ketiga ini juga membidik kelas mainstream dengan harga yang sangat kompetitif. Seri K merupakakan produk yang banyak memberi kontribusi bagi pertumbuhan penjualan ASUS di Indonesia. Hal itu turut membantu ASUS hingga menjadi brand notebook terbesar ke 4 di Indonesia dengan peningkatan penjualan kurang lebih 400% dari tahun 2009. “Dari data IDC pada kuartal III 2010, notebook ASUS tercatat di peringkat ketiga penjualan notebook consumer di dunia dan peringkat keempat di Indonesia.” kata Rex Lee, Regional Director South East Asia.Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News