Di London, saham Vallar melesat 6,4% pada transaksi pagi



LONDON. Harga saham Vallar Plc, Jumat (17/12) mengalami kenaikan pada sesi pertama transaksi perdagangan. Kenaikan itu disinyalir terkait kesepakatan untuk melakukan share swap alias tukar guling saham PT Bumi Resources pada bulan lalu.Pada pukul 08.28 waktu London, saham Vallar naik 6,4% menjadi 1.035 pence. Sementara, di British mining index, kenaikannya hanya sebesar 0,5% saja. Sekadar mengingatkan, pada 16 November lalu, Vallar yang didirikan oleh Nathaniel Rothschild mengumumkan share swap dengan perusahaan milik Abu Rizal Bakrie.

Untuk menjadi pengendali Vallar, BNBR melepaskan sebanyak 5,2 miliar saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI) pada harga Rp 2.500 per saham. Artinya, BNBR melepas sahamnya di BUMI dengan nilai sebanyak Rp 13 triliun.Saham BUMI ini ditukar dengan 90,1 juta saham baru Vallar, di mana BNBR akan menerima 50,5 juta saham baru di Vallar. Harga konversi saham Vallar oleh BNBR ini pada harga 10 poundsterling per saham.Dengan demikian, Bakrie akan menjadi pemegang saham amyoritas Vallar dan mengganti namanya dengan Bumi Plc. Bakrie Group akan memiliki 43% saham Bumi Plc, sementara, 28,3% saham lainnya akan dimiliki oleh pemegang saham Vallar saat ini.

"Kami yakin kesepakatan ini akan baik bagi pertumbuhan bisnis Vallar ke depannya," jelas analis Liberium Capital Michael Rawlinson.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie