Di Tengah Tantangan Ekonomi, Krom Bank Optimistis Tutup 2025 dengan Kinerja Solid



KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Di tengah tantangan ekonomi global yang masih berlanjut hingga akhir 2025, PT Krom Bank Indonesia Tbk (BBSI) tetap optimistis dapat menutup tahun ini dengan kinerja yang solid.

Perseroan mencatatkan pertumbuhan signifikan pada sejumlah indikator utama dan meyakini target dalam Rencana Bisnis Bank (RBB) dapat tercapai.

Anton Hermawan, Presiden Direktur Krom Bank Indonesia, menjelaskan bahwa hingga kuartal III-2025, bank telah membukukan kinerja yang cukup kuat, baik dari sisi penghimpunan dana, penyaluran kredit, maupun profitabilitas.


Baca Juga: Krom Bank Optimistis DPK Tumbuh Positif dan Likuiditas Memadai

“Krom Bank optimis dapat menutup tahun 2025 ini dengan kinerja yang solid, mencakup peningkatan laba bersih yang positif, pertumbuhan DPK yang signifikan, serta penyaluran kredit yang sehat dan selektif,” ungkap Anton kepada kontan.co.id, Selasa (9/12/2025).

Per Oktober 2025, Dana Pihak Ketiga (DPK) Krom Bank tercatat tumbuh pesat hingga 185% secara tahunan (year on year/Y-o-Y) menjadi Rp 7,34 triliun. Peningkatan DPK ini turut memperkuat struktur pendanaan bank untuk mendorong ekspansi kredit.

Di sisi profitabilitas, laba sebelum pajak (profit before tax/PBT) mencapai Rp170,94 miliar, tumbuh 11% Y-o-Y. Aset perseroan juga meningkat 84% menjadi Rp11,06 triliun.

Sementara itu, penyaluran kredit mencatatkan pertumbuhan impresif sebesar 126% Y-o-Y, dengan total pembiayaan mencapai Rp8,27 triliun per Oktober 2025.

Anton menyebut pencapaian tersebut sebagai bukti komitmen Krom Bank untuk tumbuh secara sehat dan berkelanjutan.

Baca Juga: Aset Krom Bank Melonjak 87,49% per Kuartal III-2025, Berikut Penopangnya

Memasuki 2026, Anton menilai bahwa ketidakpastian ekonomi global masih menjadi faktor yang perlu diwaspadai. Meski demikian, prospek ekonomi domestik diperkirakan tetap kuat dengan pertumbuhan di kisaran 5,2%–5,8%.

 
BBSI Chart by TradingView

“Di tahun depan, fokus Krom Bank akan mencakup inovasi produk untuk menarik nasabah baru, penguatan keamanan siber dan data, serta peningkatan kualitas layanan digital,” ungkap Anton.

Sebagai bank digital, Krom Bank menempatkan keamanan transaksi dan perlindungan data nasabah sebagai prioritas utama. Selain itu, tantangan pasar dan kompetisi industri dipandang sebagai momentum untuk memperkuat kemampuan teknologi dan diferensiasi layanan.

Untuk menjaga momentum pertumbuhan, Krom Bank menyiapkan sejumlah strategi, di antaranya, meningkatkan inovasi dan teknologi guna memastikan kemudahan serta keamanan transaksi digital, menghadirkan solusi keuangan (financial solutions) yang lebih lengkap untuk meningkatkan loyalitas pengguna.

Baca Juga: Penyaluran Kredit Krom Bank Tumbuh 130,26% per Agustus 2025

Selain itu, Krom Bank juga melakukan diversifikasi produk digital dan menghadirkan inovasi progresif sesuai kebutuhan pasar, memperkuat kolaborasi dengan mitra strategis, baik dalam layanan digital, payment ecosystem, maupun integrasi bisnis, dan memperluas konektivitas digital sebagai bagian dari visi perusahaan menjadi bank digital yang kompetitif dan berkelanjutan.

"Dengan kinerja yang telah melampaui ekspektasi di 2025 dan strategi bisnis yang lebih agresif namun terukur, kami optimistis dapat menjaga tren pertumbuhan dan memperkuat posisi di industri perbankan digital pada tahun mendatang," tandasnya.

Selanjutnya: Ini Alasan Perusahaan Hashim Djojohadikusumo Jadi Pemegang Saham Indokripto (COIN)

Menarik Dibaca: Persib Bandung vs Bangkok United di ACL 2: Prediksi Skor, Head to head, dan Line up

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News