Dibuka, registrasi investor SUN Valas



JAKARTA. Bagi investor, khususnya investor domestik yang berminat membeli surat utang negara (SUN) berdenominasi dollar AS, Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang (DJPU) telah membuka sesi registrasi. Berdasarkan situs resmi DJPU, masa pendaftaran investor melalui peserta lelang (dealer utama) dibuka mulai 21 Oktober 2013 hingga 1 November 2013. 

Ada 19 peserta lelang yang bisa menjadi pilihan investor. Mereka terdiri dari 15 bank dan empat sekuritas. Diantaranya, Citibank N.A, Deutsche Bank AG, HSBC, PT Bank Central Asia Tbk (BCA), PT Bank Danamon Indonesia, dan PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII). Selain itu, ada juga PT Bank Mandiri Tbk , PT Bank Negara Indonesia Tbk, PT Bank OCBC NISP, Tbk, PT Bank Panin, dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI).

Selanjutnya, ada PT Bank Permata Tbk, PT Bank CIMB Niaga, Standard Chatered Bank, dan JP Morgan Chase Bank NA. Sedangkan perusahaan sekuritas yang menjadi peserta lelang adalah PT Bahana Securities, PT Danareksa Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas, dan PT Trimegah Securities Tbk. 


Kemudian, pada 8 November 2013 adalah batas waktu penyampaian nama-nama investor domestik oleh peserta lelang kepada pihak DJPU. Adapun, penetapan daftar investor dilakukan pada 15 November 2013. Seperti diketahui, pemerintah akan  menerbitkan SUN valuta asing (valas) di pasar domestik untuk pertama kalinya. 

Nilai total emisi SUN tersebut sekitar US$ 500 juta yang memiliki tenor tiga hingga lima tahun. Adapun, pembelian minimum SUN valas ini sebesar US$ 100.000 atau setara dengan Rp 1 miliar. Sedangkan batas atas tidak ditentukan. Diperkirakan, kupon surat utang ini bisa sekitar 4% hingga 5%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: