Dibuka untuk Umum, Ini Rute Kunjungan di IKN



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mulai Senin (16/9/2024) masyarakat umum bisa mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. 

Dalam sehari, Otorita IKN membuka kuota untuk 300 pengunjung sejak pukul 09.00 WITA hingga 17.00 WITA. 

Dilansir siaran pers resmi Otorita IKN pada Senin, ada sejumlah titik yang bisa dilihat oleh masyarakat saat berada di Nusantara. 


Salah satunya Kompleks Istana Kepresidenan yang terdiri dari Istana Garuda (kantor Presiden RI) dan Istana Negara. 

Diketahui, Istana Negara di IKN menjadi landmark yang cukup populer setelah digunakan untuk upacara peringatan HUT ke-79 RI pada 17 Agustus lalu.

Dalam siaran pers resminya, Otorita IKN juga memberikan penjelasan soal rute kunjungan. 

Baca Juga: Pasca Sidang Kabinet, Okupansi Hotel di IKN Stabil 80%

Pertama, pengunjung berkumpul di titik parkir kendaraan pengunjung. Titik ini berada di dua tempat, yakni Rest Area IK

Titik tersebut sekaligus sebagai tempat kumpul awal masuk kunjungan ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Nusantara. 

Di titik kumpul ini para pengunjung wajib menunjukkan bukti pendaftaran pada aplikasi IKNOW yang valid kepada petugas Liaison Officers (LO).

Setelah pemeriksaan, pengunjung didampingi LO melakukan perjalanan menggunakan Electric Vehicle (EV) Bus menuju Plaza Seremoni dan Taman Kusuma Bangsa. 

Perjalanan ini ditempuh dengan durasi sekitar 10 menit.  Lalu pengunjung akan turun di Halte Plaza Seremoni Barat. 

Di sana, pengunjung dapat mengunjungi Plaza Seremoni yang berada di sebelah timur dan Taman Kusuma Bangsa yang ada di sebelah barat. 

Di Plaza Seremoni, pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas seperti Mini Amphiteater, Forest Trail, Retail Galery, dan Visitor Center. 

Sementara itu, di Taman Kusuma Bangsa, pengunjung juga dapat melihat sejumlah landmark penting seperti Kantor Kementerian Koordinator (Kemenko), Istana Garuda, Istana Negara, dan Plaza Seremoni. Namun, kegiatan melihat itu hanya bisa dilakukan dari kejauhan. 

Setelah mengunjungi sejumlah titik tersebut, pengunjung dapat kembali ke Rest Area atau Simpang Trunen menggunakan bus listrik yang melewati Halte Plaza Seremoni Barat. Bus listrik tersedia setiap 15 menit sekali. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai panduan kunjungan, masyarakat dapat mengunduh aplikasi IKNOW melalui Appstore (IOS) https://ikn.go.id/IKNOW-IOS atau Playstore (Android) https://ikn.go.id/IKNOW-ANDROID. 

Apabila terdapat kendala dalam aplikasi, dapat mengubungi kontak IKNOW (0821-4437-6300). Pengunjung juga bisa mengakses panduan kunjungan pada tautan berikut: https://ikn.go.id/PedomanKunjunganNusantara

Baca Juga: Pembangunan IKN Tahap 2 Dimulai, Sudah Ada 80 Investor Domestik dan Asing

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bisa Lihat Plaza Seremoni hingga Istana Garuda, Begini Rute Kunjungan ke IKN yang Dibuka untuk Umum ", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2024/09/16/133000226/bisa-lihat-plaza-seremoni-hingga-istana-garuda-begini-rute-kunjungan-ke-ikn?page=all#page2.

Selanjutnya: Pandawa Agri Gelar Sustainability Education Forum tentang Pertanian Berkelanjutan

Menarik Dibaca: BMKG Catat Gempa Terkini Magnitudo 5 Guncang Bandung & Sekitarnya, Ada Gempa Susulan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati