Didongkrak penjualan mobil, bursa AS menghijau



NEW YORK. Saham-saham di bursa Amerika Serikat (AS) menghijau untuk hari kedua pada Rabu, (4/9). Meningkatnya penjualan mobil dan mengangkat kepercayaan investor termasuk mengalirnya dukungan aksi militer AS oleh anggota senat.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 96,91 poin atau menguat 0,65% menjadi 14.930,87, indeks Standar & Poor 500 naik 13,31 poin atau menguat 0,81% menjadi 1.653,08. Sedangkan Nasdaq Composite  naik 36,43 poin atau menguat 1,01% menjadi 3.649,042 .

Sebelumnya, senator AS Komite Hubungan Luar Negeri telah menyetujui resolusi AS yang mengizinkan intervensi militer AS tebatas ke Suriah. Untuk keputusan di senat sendiri akan dibicarakan dalam dialog pekan depan.


Pemerintahan Obama mencari dukungan dari Kongres untuk menghukum Presiden Suriah Bashar al - Assad atas dugaan penggunaan senjata kimia terhadap warga sipil. Rencana Obama ini menggelisahkan pelaku pasar, terutama yang berhubungan dengan Timur Tengah .

Sementara itu, saham yang naik adalah, Saham Ford dan General Motors. Penjualan keduanya n naik di bulan Agustus menandai penguatan penjualan sejak Oktober 2007. Saham Ford naik 3,5% menjadi US$ 16,91 dan GM naik 5% menjadi US$ 35,85. "Ini sebagian kondisi makro yang solid," kata Ken Polcari, direktur O'Neil Securities di New York .

Meskipun Suriah saat ini masih dalam pembahasan, namun Polcari yakin, Senat AS akan menyetujui keterlibatan terbatas menyerang Suriah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri