Dijadwalkan Tiba Besok Senin (7/10), 40 WNI Berhasil Dievakuasi dari Lebanon



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebanyak 40 warga negara Indonesia (WNI) dan 1 orang warga negara asing (WNA) yang dievakuasi dari Lebanon akan dipulangkan ke Indonesia pada Minggu (6/10/2024) hari ini.

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha mengatakan, 41 orang itu dijadwalkan akan tiba di Indonesia besok, Senin (7/10/2024).

“Menurut rencana, ke-41 evacuees tersebut akan dipulangkan ke Indonesia melalui dua penerbangan komersial dan akan tiba di Jakarta pada tanggal 7 Oktober 2024,” ujar Judha dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Minggu.


Judha mengatakan, sebelumnya 41 orang itu dievakuasi dalam dua gelombang melalui jalur darat. Operasi dilakukan dengan mengamankan mereka dari Beirut, Lebanon; Damascus, Suriah; dan Amman, Yordania.

"Saat ini total 40 WNI dan 1 WNA (pasangan WNI) sudah berada dengan aman dan selamat di Amman, Yordania,” kata Judha.

Baca Juga: Korea Selatan Evakuasi 97 Warganya dari Lebanon di Tengah Ketegangan yang Meningkat

Sementara itu, informasi resmi dari Direktorat Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (BHI)

Kementerian Luar Negeri menyebut, 41 orang itu akan dipulangkan ke Indonesia dalam gelombang keempat dan kelima.

Gelombang keempat akan lepas landas dari Yordania pukul 18.10 waktu setempat atau 22.10 WIB hari ini menggunakan Emirates EK 3556. Mereka dijadwalkan tiba di tanah air besok pukul 15.40 WIB. "Terdiri dari 20 WNI,” bunyi keterangan tersebut.

Sementara, 20 WNI dan 1 WNA lainnya akan akan lepas landas dari Yordania hari ini pukul 14.00 waktu setempat atau 18.00 WIB. Mereka juga dijadwalkan tiba di tanah air besok.

"Gelombang kelima evacuee Beirut tiba terlebih dahulu dari gelombang keempat,” bunyi keterangan tersebut

Sebelum gelombang evakuasi keempat dan kelima, Kementerian Luar Negeri juga telah memulangkan 25 orang dari Lebanon.

Judha menyebut, pemerintah Indonesia telah menetapkan status siaga satu untuk seluruh wilayah Lebanon. "Alhamdulillah 25 orang tersebut sudah tiba di Indonesia dengan selamat," ujarnya dalam konferensi pers, Jumat (4/10/2024). Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "40 WNI yang Dievakuasi dari Lebanon Dipulangkan Ke Indonesia Hari Ini", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2024/10/06/13024851/40-wni-yang-dievakuasi-dari-lebanon-dipulangkan-ke-indonesia-hari-ini.  

Selanjutnya: Mengenal Jimmy Carter, Mantan Presiden AS yang Berusia 100 Tahun

Menarik Dibaca: Jenis Kopi yang Aman untuk Penderita Asam Lambung, Coba Yuk!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Putri Werdiningsih