Dilakukan door to door, rapid test Covid-19 di Bekasi



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto mengatakan, pemeriksaan cepat atau rapid test Covid-19 akan dilakukan door-to-door ke masyarakat. Hal itu dilakukan untuk mencegah banyaknya orang berkerumun. Rencana awal, rapid test tersebut akan dilakuan di Stadion Patriot Bekasi.

“Nanti polanya akan diubah, di mana surveyor akan mendatangi warga (door-to-door) yang mendaftar dan masuk ke dalam kriteria yang sudah di sampaikan pak gubernur,” ujar Tri di Bekasi, Senin (24/3/2020).

Tri mengatakan, nantinya akan ada 100 surveyor dan 225 tenaga medis yang akan mendatangi masyarakat untuk tes. Setelah itu, hasilnya akan dibacakan di Stadion Patriot. Sebab alat rapid test itu terpusat di stadion.

Baca Juga: Begini dampak wabah virus corona terhadap bisnis bioskop Cinema XXI

“Nanti pusat dari sampel dan nantinya untuk pembacaan datanya dan hasilnya di stadion karena alatnya di sana,” ucap dia.

Adapun rapid test ini nantinya akan melewati dua tahap. Tahap pertama yaitu orang-orang yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP), serta 50 orang terdekat dari masing-masing mereka. Selain itu dalam pemeriksaan tahap pertama ini pemerintah juga akan memeriksakan tenaga kesehatan.

Kemudian, orang-orang yang banyak berinteraksi langsung dengan masyarakat seperti Camat, Lurah, dan petugas-petugas administratif. Sementara untuk tahap kedua, pemerintah provinsi akan segera menetapkan kriteria orang-orang yang akan mendapatkan rapid test Covid-19 ini untuk mengetahui persebarannya. (Cynthia Lova)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rapid Test Covid-19 di Bekasi akan Dilakukan "Door-to-Door" ke Rumah Warga",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto