Dilobi AS, Jepang kurangi impor minyak dari Iran



TOKYO. Jepang akan mengambil langkah-langkah konkrit untuk mengurangi ketergantungan minyak terhadap Iran. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Keuangan Jepang, Juni Azumi usai bertemu dengan Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Timothy Geithner di Tokyo.

"Dalam lima tahun terakhir, kami telah mengurangi impor minyak (dari Iran)," kata Azumi saat konferensi pers yang dilakukan bersama dengan Geithner.Untuk mengurangi impor minyak dari Iran itu, Azumi mengaku akan mengambil langkah kongrit. Ia bilang pasokan minyak dari Iran saat ini mencapai 10% dari kebutuhan minyak di Jepang. "Kami menguranginya secara terencana," jelas Azumi. Saat ini, Jepang merupakan pembeli minyak terbesar kedua bagi Iran. Negeri Sakura itu masih mengalami ketergantungan dengan minyak. Apalagi semenjak Tsunami Maret 2011, Jepang membutuhkan minyak untuk menggerakan pembangkit listrik karena pembangkit listrik nuklir Fukushima masih lumpuh.

Keputusan Jepang tersebut mendapatkan penghargaan dari Geithner. Ia mengaku akan bekerjasama dengan dengan Jepang untuk memberikan tekanan terhadap Iran. "Kami menghargai dukungan Jepang dalam mendukung tujuan penting ini." kata Geithner AS belakangan ini gencar mencari dukungan dari China dan Jepang untuk memberikan sanksi kepada industri minyak Iran. Kali ini, Geither berusaha menggalang dukungan untuk membatasi ambisi nuklir dari Teheran.


Editor: Asnil Amri