Dinding Penahan Tanah di Jalan Tol JORR W2S Longsor, Ini yang Dilakukan Jasa Marga



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui PT Jasamarga Toll Road Maintenance (JMTM) dan Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) memintah maaf atas kejadian longsor yang terjadi pada dinding penahan tanah Segmental Retaining Wall (SRW) di akses keluar Veteran Tol JORR W2S.

Kejadian yang terjadi pada Sabtu (6/7) pukul 13.20 WIB tersebut mengakibatkan puing-puing menutup sebagian akses jalan lingkungan.

Senior Manager Representative Office 1 Jasamarga, Alvin Andituahta Singarimbun menjelaskan, longsor diduga terjadi akibat curah hujan tinggi dan menyebabkan rembesan air dari saluran samping jalan ke dalam tanah sehingga mendorong tanah.


Baca Juga: Macet di Gerbang Tol, Indonesia Rugi Rp 4,4 Triliun

“Sebagai upaya penanganan sementara, dilakukan pemasangan cerucuk untuk memperkuat dinding penahan dan mencegah tanah kembali longsor sampai dengan dilakukannya perbaikan permanen,” ujarnya melalui keterangan resmi, Sabtu (6/7).

Alvin memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami akibat kejadian tersebut. Pengguna jalan diimbau untuk mengantisipasi arah perjalanan dan tidak melalui lokasi kejadian untuk menghindari kepadatan.

Selanjutnya, kata Alvin, Tim JMTO segera melakukan rekayasa lalu lintas dengan melakukan penutupan sementara lajur satu dan bahu luar untuk mengurangi beban pada lereng yang mengalami longsor.

“Sementara tim JMTM melakukan pembersihan puing longsoran di Jl. Mulia Bakti agar dapat kembali berfungsi optimal,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi