Dirut Pertamina Nicke Widyawati Kembali Masuk di Fortune Most Powerful Women 2024



KONTAN.CO.ID - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati kembali menorehkan prestasi dengan menempati posisi ke-47 dalam daftar Fortune’s Most Powerful Women 2024. 

Posisi tersebut naik signifikan dari posisi 67 pada tahun 2023. Pencapaian ini membuktikan kepemimpinan kuat Nicke dalam membawa Pertamina mencapai kinerja terbaik. 

Sebagai satu-satunya wakil Indonesia, Nicke berhasil membawa Pertamina menjadi perusahaan energi kelas dunia.


Baca Juga: Pertamina Enduro VR46 Rilis Livery Spesial untuk MotoGP Mandalika, Seperti Apa?

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengungkapkan, penilaian dari media prestisius internasional itu membuktikan kapabilitas Nicke sebagai pemimpin bisnis wanita terkemuka dunia. 

"Di bawah kepemimpinannya, Pertamina telah mencapai berbagai pencapaian signifikan," ujarnya dalam siaran pers, Kamis (3/9/2024). 

Nicke, menyebutkan, dia mengapresiasi dukungan serta kinerja perwira (pekerja) Pertamina, sehingga mampu menjalankan bisnis perusahaan di segala lini dengan hasil maksimal. 

Baca Juga: Dirut Pertamina Cek Ketersediaan Elpiji 3 Kg di Surakarta

Adapun salah satu inovasi Pertamina di bawah kepemimpinan Nicke adalah transformasi digital yang dapat mencapai efektivitas dan efisiensi bisnis. 

Pertamina saat ini juga aktif mengembangkan berbagai energi bersih, seperti geothermal, biofuel, dan energi surya.

Upaya tersebut merupakan bagian dari komitmen Pertamina dalam menangani perubahan iklim dan mendukung target Net Zero Emission (NZE) Indonesia. 

Selain itu, ekspansi bisnis di kancah global, Pertamina terus memperluas jaringan bisnisnya ke berbagai negara dan menjalin kemitraan dengan mitra-mitra bisnis. 

Hal itu dilakukan untuk meningkatkan ketahanan energi nasional dengan program Bring The Barrels Home. 

Pada akhir 2023, Pertamina juga menorehkan pencapaian kinerja keuangan tertinggi sepanjang sejarah, yakni mencatatkan laba total sebesar US$ 4,77 miliar atau sekitar Rp 72,7 triliun (asumsi kurs Rp 15.255 per dollar AS). 

Baca Juga: Pertamina Duduki Peringkat Taratas Perusahaan Terbesar Versi Fortune Indonesia

Perolehan laba tersebut naik 17 persen jika dibandingkan laba pada 2022.

"Berbagai inisiatif strategis yang didorong Ibu Nicke membawa Pertamina menjadi perusahaan energi yang semakin kuat dan berdaya saing di tingkat global," kata Fadjar.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi berkomitmen dalam mendukung target NZE 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). 

Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan environmental, social, and governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pertamina Kokoh di Kancah Global, Nicke Widyawati Kembali Masuk di Fortune Most Powerful Women 2024", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2024/10/03/10310281/pertamina-kokoh-di-kancah-global-nicke-widyawati-kembali-masuk-di-fortune.  

Selanjutnya: Mantan Menteri Transportasi Singapura Dihukum Penjara 12 Bulan karena Menerima Hadiah

Menarik Dibaca: Bukan Selingkuh, Robert Kiyosaki Bilang Lebih Banyak Pernikahan Hancur Karena Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto