Dirut Transjakarta: Pelaksanaan e-ticketing sukses



JAKARTA. Direktur Utama (Dirut) PT Transjakarta Antonius NS Kosasih mengklaim bahwa pelaksanaan sistem pembayaran melalui e-ticketing telah berhasil. Hal tersebut dilihat dari banyaknya permintaan untuk e-ticket atau tiket elektronik oleh penumpang bus transjakarta.

"Pas kami mau sosialisasi e-ticketing di bulan Juli, masyarakat protes ke saya. Sekarang pengguna koridor IV dan VI malah protes ke kami, minta e-ticketing karena belum dapat. Dari situ, kami melihat bahwa e-ticketing bermanfaat sekali," ujar Kosasih, Selasa (17/2).

Kosasih tidak menampik bahwa dulu memang masyarakat menolak dan keberatan dengan penggunaan tiket elektronik ini. Salah satu hal yang dikritik adalah mahalnya harga kartu elektronik tersebut.


Padahal, bisa saja seorang penumpang tidak membutuhkan saldo sebanyak yang ada di kartu pada awal pembelian karena jarang menggunakan bus transjakarta. Tetapi, kini, dari proses bertahap penerapan e-ticketing di 10 koridor transjakarta, sudah hampir semua penumpang memakai kartu elektronik.

Selain tidak harus mengantre di loket, sebut Kosasih, penumpang juga tidak perlu lagi menunggu petugas mengembalikan uang receh.

Terkait beberapa kejadian bahwa penumpang menemukan gangguan pada mesin tap kartu elektronik, menurut Kosasih, hal itu bukan kesalahan dari pihak pengelola. Dia mengatakan yang menyebabkan mesin tidak berfungsi seperti yang seharusnya adalah dari kartu elektronik keluaran bank-bank tertentu.

"Pada dasarnya, mesin kami enggak pernah gangguan. Kalau ada (gangguan), mungkin (kartu) di beberapa bank di beberapa tempat tertentu," jelas dia. (Andri Donnal Putera)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie