Disebut Jadi Calon Menteri UMKM, Maman Abdurrahman: Itu Domain Pak Prabowo



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Maman Abdurrahman mengatakan, sosok Menteri Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan hak prerogatif Presiden terpilih Prabowo Subianto. 

Pernyataan ini disampaikan Maman saat ditanya awak media apakah dirinya sudah diajak bicara oleh Prabowo untuk mengisi posisi Menteri UMKM pada pemerintahan mendatang. 

“Jadi gini ini saya harus bilang bahwa terkait posisi menteri ke depan saya pikir itu menjadi domain Pak Prabowo,” kata Maman saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (9/10/2024). 


Maman mengatakan, Partai Golkar 100 persen mendukung keputusan Prabowo Subianto untuk menentukan sendiri pembantunya di kabinet mendatang. 

Ia menyakini, Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia juga akan mendukung siapa pun kader Golkar yang dipilih Prabowo untuk menjadi menteri.

“Sekali lagi 100 persen itu adalah hak derogatif Pak Prabowo, kami-kami ini semata-mata semangatnya satu, bagaimana ke depan Indonesia bisa lebih baik lagi di era Pak Prabowo,” kata Maman. 

Baca Juga: Jokowi: Transisi Kepemimpinan ke Prabowo Berjalan Lancar

Maman pun enggan berandai-andai apakah dirinya bakal ditunjuk Prabowo Subianto masuk ke dalam kabinet. Sebagai kader Partai Golkar, ia mengaku siap ditugaskan dimana saja. 

“Begini, sekali lagi saya tidak berani masuk kepada domain siap atau tidak siap (menjadi menteri) itu semua hak prerogatif Bapak Prabowo Subianto sebagai Presiden Pilih yang insya Allah tanggal 20 nanti dilantik,” kata Maman. 

“Jadi bagi kami sebagai kader partai Golkar, saya siap ditugaskan di medan apapun mau itu di medan rumput, di medan lumpur di medan manapun,” imbuh dia. 

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menyebut Maman Abdurrahman sebagai calon Menteri UMKM dalam rapat audiensi antara Pimpinan DPR RI dengan Asosiasi Penyedia Motor Listrik di ruang Komisi VII DPR, Jakarta, Rabu (9/10/2024). 

Awalnya, Maman memberikan masukan agar ada perubahan diksi subsidi menjadi insentif. 

"Diksi subsidi itu diubah menjadi insentif gitu," ujar Maman dalam rapat. 

"Dalam perdebatan diskusi kita, kita menyarankan untuk insentif kenoa itu menjadi insentif adalah untuk mengubah behavior masyarakat yang awalnya mengkonsumsi motor berfosil menjadi motor listrik gitu jadi itu yang mungkin sekedar usulan pimpinan," kata dia.

Dasco lantas menyinggung usulan Maman dan menyebutnya sebagai masukan dari calon Menteri UMKM. 

"Saya tadi bilang apa namanya subsidi, tapi ambil dari Pak Menteri UMKM tadi karena ini masukkan dari calon menteri UMKM," ucap Dasco.

Baca Juga: Sejumlah Pejabat Lama Kabinet Jokowi Dikabarkan Tetap Masuk Tim Ekonomi Prabowo

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Disebut Jadi Calon Menteri UMKM, Maman Abdurrahman: Itu Domain Pak Prabowo ", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2024/10/09/13223321/disebut-jadi-calon-menteri-umkm-maman-abdurrahman-itu-domain-pak-prabowo.

Selanjutnya: Rincian Kebijakan Fiskal China yang Dinantikan akan Diumumkan pada Sabtu (12/10)

Menarik Dibaca: Waspada Bencana di 25 Provinsi, Cek Peringatan Dini Cuaca Besok (10/10) Hujan Lebat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati