Disokong bursa Jepang, bursa Asia sumringah



TOKYO. Bursa saham Asia sumringah pagi hari ini, Selasa (18/3). Indeks regional berhasil bangkit dari dari level terendah lima pekan. Kenaikan bursa Jepang memimpin laju bursa regional ini.

Bursa Jepang menguat setelah mata uang yen memperpanjang pelemahan terhadap mata uang utama dunia. Sementara itu, ringgit Malaysia juga menguat sedangkan harga emas merangkak turun.

Indeks MSCI Asia Pacific menguat sebesar 0,5% pada pukul 09:58 waktu Tokyo. Poses' ini naik dari penutupan terendah sejak 7 Februari yang tercipta pada kemarin (17/3).


Penguatan indeks regional disokong indeks Topix Jepang yang melonjak 1,2%. Kemudian Standard & Poor 500 futures turun 0,1% setelah indeks acuan AS tersebut naik 1%.

Sementara itu, mata uang ringgit Malaysia naik 0,3% dan menyentuh level tertinggi satu pekan. Sedangkan harga gandum berjangka naik setelah turun.

Sementara itu, Federal Reserve akan memulai pertemuan selama dua hari untuk menentukan kebijakan moneter di AS. Kabar baik yang datang dari negeri Paman Sam itu adalah, adanya penguatan produksi industri di AS di bulan Februari.

"Kami melihat kenaikan angka produksi industri setelah cuaca dingin dan itu data positif," kata Keith Poore, strategi investasi AMP Capital Investors Ltd di Wellington. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri