KALIFORNIA. Meski ditonton miliaran orang di dunia, situs web berbagi video, Youtube belum menghasilkan keuntungan. Para pengiklan lebih memilih saluran televisi tradisional ketimbang platform video milik Google ini. Mengutip Wall Street Journal, tahun lalu, platform video raksasa ini mencetak pendapatan US$ 4 miliar, naik dari US$ 3 miliar di 2013. Angka itu setara dengan 6% dari seluruh pendapatan Google. Menurut dua sumber yang mengetahui keuangan Youtube, pendapatan tersebut impas alias tak menghasilkan laba setelah dikurangi biaya. Bandingkan dengan Facebook Inc yang menghasilkan pendapatan lebih dari US$ 12 miliar dan keuntungan hampir mencapai US$ 3 miliar. Jumlah pengguna Facebook juga mencapai 1,3 miliar pengguna pada 2014.
Ditonton miliaran, Youtube belum ukir laba
KALIFORNIA. Meski ditonton miliaran orang di dunia, situs web berbagi video, Youtube belum menghasilkan keuntungan. Para pengiklan lebih memilih saluran televisi tradisional ketimbang platform video milik Google ini. Mengutip Wall Street Journal, tahun lalu, platform video raksasa ini mencetak pendapatan US$ 4 miliar, naik dari US$ 3 miliar di 2013. Angka itu setara dengan 6% dari seluruh pendapatan Google. Menurut dua sumber yang mengetahui keuangan Youtube, pendapatan tersebut impas alias tak menghasilkan laba setelah dikurangi biaya. Bandingkan dengan Facebook Inc yang menghasilkan pendapatan lebih dari US$ 12 miliar dan keuntungan hampir mencapai US$ 3 miliar. Jumlah pengguna Facebook juga mencapai 1,3 miliar pengguna pada 2014.