KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pakuwon Jati Tbk (
PWON) membukukan
marketing sales Triwulan III-2023 sebesar Rp 1,021 triliun. Kontribusi
marketing sales Juli-September senilai Rp 420 miliar yang tumbuh 39 persen, merupakan pencapaian triwulanan tertinggi dalam dua tahun terakhir. Raihan
marketing sales ini ditopang peluncuran dua tower baru yakni Lancaster dan Clayson Tower di superblok Pakuwon Mall Surabaya. Direktur Keuangan dan Sekretaris Perusahaan Pakuwon Jati Minarto Basuki menjelaskan, komposisi penjualan selama sembilan bulan pertama tahun 2023 tersebut didominasi kondominium dengan porsi 58 persen.
"Komposisi penjualan hingga triwulan III 2023 adalah
landed houses 38% serta
condominium dan
office sebesar 58% dan 4%," ujar Minarto, Senin (30/10/2023).
Baca Juga: Ditopang Pendapatan Berulang, Tiga Analis Sarankan Beli Saham PWON Sementara, di segmen pendapatan bersih, raksasa properti yang berasal dari Surabaya ini mencetak nilai sebesar Rp 4,57 triliun atau tumbuh tipis 1,6 persen dari tahun sebelumnya Rp 4,5 triliun. Demikian halnya dengan Laba Bruto yang tahun ini tercatat Rp 2,5 triliun, meningkat 6,3 persen dibanding tahun lalu Rp 2,36 triliun. Sedangkan EBITDA sebesar Rp 2,5 triliun, bergeser 2,7 persen dari tahun lalu Rp 2,4 triliun. Adapun Laba Bersih tercatat sebesar Rp 1,7 triliun atau melonjak 24 persen dibanding pencapaian tahun sebelumnya Rp 1,39 triliun. Sementara Laba Bersih di luar faktor selisih kurs dan keuntungan penjualan anak perusahaan sebesar Rp 1,65 triliun, tumbuh 9,1 persen dari tahun lalu Rp 1,5 triliun.
Recurring revenue naik Pakuwon yang dikenal sebagai salah satu raja pusat belanja di Indonesia, mencatat
recurring revenue Kuartal III-2023 Rp 3,4 triliun atau meningkat 22,7 persen dibandingkan tahun lalu sebesar Rp 2,79 triliun.
Baca Juga: Analis Kompak Rekomendasikan Beli Saham PWON, Simak Ulasannya Pendapatan ini ditopang retail mall yang mencapai Rp 2,3 triliun atau naik 20 persen dari tahun lalu Rp 1,9 triliun. Kemudian, pendapatan persewaan kantor Rp 234 miliar yang juga tumbuh dua persen dibanding tahun lalu Rp 230 miliar dan pendapatan
hospitality sebesar Rp 867 miliar, melesat 38 persen dibanding tahun sebelumnya Rp 628 miliar. Adapun
development revenue tercatat Rp 1,15 triliun atau turun 32,7 persen dibanding tahun lalu sebesar Rp 1,7 triliun.
Namun, penurunan
development revenue ini ditutup dengan kenaikan recurring revenue sehingga total revenue Perseroan tetap mengalami peningkatan. Berdasarkan
revenue per segment terbagi atas revenue dari persewaan mal 51 persen, hotel dan apartemen servis 19 persen, persewaan kantor lima persen, kondominium 11 persen, rumah tapak 12 persen, dan penjualan kantor dua persen. Belanja Modal Pakuwon merogoh Rp 1,4 triliun sebagai belanja modal yang telah dikeluarkan pada Kuartal III-2023, untuk membiayai pembangunan Pakuwon Mall Bekasi, Pakuwon City Mall, renovasi Pakuwon Mall Jogja dan Solo Baru, serta pembelian hotel Four Points by Sheraton Bali, Kuta serta untuk pembelian tanah di Semarang dan Batam.
Baca Juga: Mencari Saham Properti yang Menarik Saat Downtrend Editor: Yudho Winarto