KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja PT XL Axiata Tbk (EXCL) kuartal I-2018 masih tumbuh seiring pertumbuhan layanan data. Pada kuartal I-2017 layanan data mengkontribusi 77% terhadap total pendapatan layanan, dibandingkan periode yang sama tahun sebesar 63%. Dian Siswarini, Presiden Direktur PT XL Axiata Tbk mengatakan pada kuartal I-2018, EXCL berhasil meraih pendapatan Rp 5,5 triliun, naik 4% dibanding periode yang sama tahun lalu yang didorong meningkatnya pertumbuhan layanan data. Inovasi produk dan peningkatan kualitas jaringan data, telah berhasil mendorong pertumbuhan layanan data sebesar 29% year on year (yoy) di kuartal I-2018. "Pencapaian ini merupakan hasil dari tetap berfokusnya kami pada strategi untuk memperkuat proposisi layanan data melalui penerapan dual-brand yang disertai dengan penguatan jaringan secara berkelanjutan termasuk pembangunan jaringan data secara massif di luar Jawa," ujar Dian dalam siaran pers, Senin (14/5).
Meski begitu, pada kuartal I-2018 perusahaan hanya mencatatkan laba bersih sebesar Rp 15,43 milliar, turun 66,81% dari periode yang sama tahun lalu. Strategi dual-brand juga berhasil meningkatkan pangsa pasar XL Axiata di segmen pasar yang berbeda dengan meluncurkan produk dan layanan yang inovatif di setiap segmen pasar. XL Axiata meluncurkan paket Xtra Kuota yang menawarkan tambahan kuota bagi pelanggan yang telah berlangganan paket data Xtra Combo. Untuk pelanggan AXIS, juga telah diluncurkan paket inovatif Bronet Owsem yang menawarkan manfaat tambahan kuota akses 4G bagi pelanggan yang telah berlangganan paket Bronet.