Ditopang sentimen positif domestik, rupiah ditutup stabil sepekan ini



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ditopang sentimen positif dari dalam negeri, pergerakan nilai tukar rupiah dalam sepekan cenderung stabil. Secara teknikal, pergerakan pekan depan berpotensi koreksi tipis, namun masih dalam kecenderungan stabil di area psikologis. 

Berdasarkan data Bloomberg, Jumat (5/2), rupiah ditutup di level Rp 14.030 per dolar Amerika Serikat (AS). Dengan ini rupiah bergerak stabil karena berada di level yang sama seperti pekan sebelumnya. 

Sementara itu, pergerakan rupiah di kurs tengah Bank Indonesia (JISDOR) menguat 0,15% ke level Rp 14.062 per dollar AS dalam sepekan. 

Analis Pasar Uang Bank Mandiri Reny Eka Putri mengatakan, data pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang 2020, yang dirilis hari ini sesuai ekspektasi pasar. Asal tahu saja, pertumbuhan ekonomi di tahun lalu kontraksi 2,07%.

Sementara itu, data cadangan devisa bulan Januari 2021 mencapai US$ 138 miliar. Cadangan devisa tersebut menjadi yang tertinggi sepanjang masa dan mencerminkan ketahanan eksternal yang baik. 

Baca Juga: Loyo, rupiah ditutup melemah 0,11% ke Rp 14.030 per dolar AS pada hari ini (5/2)

"Berbagai sentimen mencerminkan stabilitas rupiah masih aman dan bukan hal yang harus dikhawatirkan. Rupiah sepekan ini masih relevan dengan kondisi market," kata dia kepada Kontan.co.id, Jumat (5/2).

Ditambah lagi, dalam sepekan arus capital inflow masih berlangsung, termasuk ke pasar obligasi. Hal itu didukung sentimen kebijakan bank sentral di seluruh dunia yang masih mempertahankan kebijakan dovish pada suku bunga acuannya. 

Di sisi lain, kebijakan Amerika Serikat (AS) untuk menggelontorkan stimulus, telah berhasil mendorong penguatan indeks dollar AS.

"Meskipun indeks dollar AS menguat, namun pelemahan rupiah berhasil ditahan oleh sentimen positif dari data ekonomi Tanah Air," tegas dia. 

Untuk pekan depan, Reny memprediksi akan ada potensi koreksi tipis pada nilai tukar rupiah secara teknikal. Meskipun begitu, rupiah masih akan bergerak pada batas aman atau di bawah level Rp 14.100 per dolar AS. 

Dia pun memprediksi rupiah bergerak dalam rentang Rp 14.020 hingga Rp 14.090 per dolar AS di pekan depan.

Selanjutnya: Cadangan devisa Januari 2021 tambun, ini kata ekonom Bank Mandiri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari