Dituduh Melatih AI dengan Buku Bajakan, AI asal AS Ini Panen Gugatan



KONTAN.CO.ID - Perusahaan kecerdasan buatan Anthropic kini menghadapi gugatan class-action di pengadilan federal California.

Tiga penulis mengklaim bahwa perusahaan tersebut salah menggunakan buku-buku mereka dan ratusan ribu lainnya untuk melatih chatbot Claude yang ditenagai oleh kecerdasan buatan.

Klaim yang diajukan pada hari Senin oleh penulis-penulis dan jurnalis Andrea Bartz, Charles Graeber, dan Kirk Wallace Johnson tersebut mengatakan bahwa Anthropic menggunakan versi bajakan dari karya-karya mereka dan lainnya untuk mengajari Claude merespons permintaan manusia.


Baca Juga: Bill Gates Jual Saham Microsoft dan Borong Berkshire Hathaway

Seorang juru bicara Anthropic mengatakan pada hari Selasa bahwa perusahaan tersebut telah mengetahui gugatan tersebut dan sedang mengevaluasi klaimnya.

Tetapi mereka menolak berkomentar lebih lanjut karena adanya litigasi yang sedang berlangsung.

Seorang pengacara untuk penulis-penulis tersebut juga menolak berkomentar kepada Reuters.

Gugatan ini bergabung dengan beberapa gugatan lainnya yang diajukan oleh pemegang hak cipta termasuk seniman visual, outlet berita, dan label rekaman atas materi yang digunakan oleh perusahaan teknologi untuk melatih sistem kecerdasan buatan generatif mereka.

Baca Juga: Update Data Ekonomi Jepang Terbaru, Menguat?

Kelompok-kelompok penulis lainnya telah menggugat OpenAI dan Meta Platforms.

Mereka menuduh perusahaan-perusahaan tersebut salah menggunakan karya-karya mereka untuk melatih model bahasa besar yang mendasari chatbot mereka.

Penulis-penulis mengatakan dalam gugatan mereka bahwa Anthropic "telah membangun bisnis bernilai miliaran dolar dengan mencuri ratusan ribu buku yang dilindungi hak cipta."

Baca Juga: Boeing Hentikan Sementara Uji Coba Penerbangan 777X, Ada Masalah Apa?

Anthropic telah menerima pendanaan dari sumber-sumber termasuk Amazon, Google, dan mantan miliarder kripto Sam Bankman-Fried.        

Menurut gugatan, karya-karya penulis tersebut termasuk dalam dataset buku bajakan yang digunakan Anthropic untuk melatih Claude.

Baca Juga: Barack Obama Jadi Berita Utama DNC, Beberapa Anggota Partai Republik Dukung Harris

Gugatan ini meminta nilai kerugian yang tidak ditentukan dan perintah untuk secara permanen menghentikan Anthropic dari menggunakan karya-karya penulis secara tidak sah.

(Laporan oleh Blake Brittain di Washington; Editing oleh Conor Humphries dan Christopher Cushing).

Editor: Hasbi Maulana